Berkat Realisasi DD Maksimal, Kades Karang Anyar Berhasil Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

 Editor: M.Ismail 
Sumanto Kepala Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan

Lampung Selatan (HO) – Berkat penggunaan Dana Desa (DD) yang maksimal tiap tahunnya, Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, berhasil merealisasikan pembangunan infrastruktur penunjang kesejahteraan masyarakat dengan sangat baik.

Di tahun 2022 ini saja Desa Karang Anyar telah merealisasikan program ketahanan pangan, seperti pembangunan jalan pertanian, budidaya Lopster, ternak ikan lele, ternak bebek dan memberikan bantuan pupuk. Hal tersebut di ungkapkan oleh Sumanto selaku kepala desa setempat saat diwawancarai di ruang kerjanya.

“Dana Desa kita alokasikan untuk kesejahteraan masyarakat dan mengacu pada aturan serta mekanisme yang ada,” katanya kemarin.

Sumanto menjelaskan, di tahun 2022 realisasi DD sudah berjalan 60 %. Pihaknya menargetkan agar secepatnya program yang sudah ada di tahun 2022 dapat terealisasi 100 %.

Baca Juga:  Enam Kecamatan Rawan Banjir, BPBD Pesawaran Lakukan Koordinasi

Ia menjabarkan, penggunaan DD di tahun 2022 masih terpokus pada penanganan wabah virus Covid 19, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD.

Kendati begitu, DD masih ada yang di alokasikan untuk pembangunan infrasturktur, jalan pertanian sebanyak 2 titik, dengan panjang 160 meter dan 130 meter.

“Meskipun Dana Desa masih terpokus pada penyaluran BLT, namun masih ada juga yang di alokasikan untuk pembangunan infrastruktur sebanyak 2 titik,” jelasnya.

Ia berharap, semua program yang sudah direncanakan dapat terealisasi dengan baik tanpa ada kendala apa pun hingga 100 %.

Kepala Desa Karang Anyar Sumanto, poto bersama dengan Sekretaris desa setempat Wawan (berkacamata)

Dilain sisi, Wawan selaku Sekretaris Desa (Sekdes) mengatakan, sesuai dengan program Ketahanan pangan yang telah ditetapkan di dalam Perpres Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, yang salah satunya dalam Perpres 104 mengatur penggunaan alokasi dana desa, Dimana setiap desa diatur untuk menjalankan program ketahanan pangan dengan anggaran sebesar 20 persen dari total kucuran dana desa dalam setahun.

Baca Juga:  Sukseskan Pemilu 2024, KPU Pesawaran Buka Pendaftaran PPK dan PPS

“Pada kucuran DD tahap pertama dan dua ini kita merealisasikan program ketahanan pangan dengan membangun jalan usaha tani sepanjang 160 meter dan 130 dengan lebar 2,5 meter, Budidaya Lopster dan ternak lele, ternak bebek, memberikan bantuan pupuk,” jelasnya.

Ia juga mengatakan jika program ketahan pangan ini akan terus di lanjutkan hingga DD tahap III. “Saya berharap semua dapat berjalan dengan baik,” tutupnya. (Rizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here