Kepala SMPN 2 Balam, Ciptakan Sekolah unggul, Kompetitif, Kolaboratif di Era Global Berlandaskan Iman dan Takwa

 Editor: M.Ismail 

Bandar Lampung (HO) – Selain mampu membaca arah perkembangan dunia pendidikan, unggul Kompetitif Kolaboratif di Era Global Berlandaskan Iman dan Takwa adalah bagian dari penerapan Kepala sekolah yang memiliki jiwa wirausaha pada umumnya kepala sekolah memiliki tujuan dan pengharapan tertentu, melalui penjabaran dalam visi misi serta rencana strategis yang disesuaikan dengan sumber daya pendukung yang dimilikinya.

Semakin jelas tujuan yang ditetapkan semakin besar peluang untuk mensukseskannya seperti penerapan kewirausahaan Kepala Sekolah yang satu ini, DR. M. Badrun, M.Ag
Sejak Januari Tahun 2019 mengemban amanah sebagai kepala SMPN 2 Bandar Lampung, kini sekolah itu miliki Prestasi dan juga menjadi sekolah favorit di kota tapis berseri Provinsi Lampung.

A. VISI

Unggul, Kompetitif, dan Kolaboratif di Era Global Berlandaskan Iman dan Takwa.

B. MISI

1. Mewujudkan lulusan yang berprestasi dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

2. Mewujudkan siswa dengan kemampuan non akademik yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

3. Mewujudkan lulusan yang cerdas, kompetitif, cinta tanah air, santun dan bertaqwa.

4.Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir dan sesuai dengan tuntutan zaman.

5. Mewujudkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan melalui pendekatan ilmiah.

6. Mewujudkan fasilitas sekolah yang lengkap, relevan, dan berwawasan kedepan.

7. Mewujudkan pendidik tenaga kependidikan yang mampu, memiliki komitmen dan berkompetensi tinggi.

8. Mewujudkan manajemen berbasis sekolah yang tangguh.

9. Mewujudkan sistem penilaian autentik dalam proses dan hasil belajar.

10..Mewujudkan pembimbingan yang memadai, wajar, dan adil sesuai dengan tututan pendidikan.

11. Mewujudkan jalinan kerjasama dengan sekolah dan institusi lain di dalam dan luar negeri.

Baca Juga:  Desa Sukamaju Bersama Disdukcapil Berikan Pelayanan Pembuatan Adminduk Gratis

12.Mewujudkan sekolah yang inovatif, kreatif, dan dinamis.

13. Mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, asri, bersih, dan sehat.

C. TUJUAN
1. Sekolah mampu menghasilkan lulusan dengan rerat prestasi akademik sekurang-kurangnya delapan puluh.

2. Sekolah mampu membina siswa untuk meraih prestasi non akademik (misal: olahraga, seni, pramuka, PMR) untuk menjuarai di tingkat nasional dan internasional.

3. Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang cerdas dan kompetitif, di mana 20% lulusannya diterima di SMA/SMK/MA melalui jalur prestasi.

4. Sekolah mampu menghasilkan dokumen kurikulum yang lengkap dan telah dikembangkan dan menjadi rujukan sekolah lain.

5. Sekolah mampu mewujudkan 80% mata pelajaran yang melengkapi RPP dengan bahan ajr/modul/LKPD untuk semua jenjang kelas.

6. Sekolah mampu menghasilkan 90% silabus mata pelajaran yang telah dikembangkan untuk semua jenjang kelas.

7. Sekolah mampu memenuhi standar proses pembelajaran yang 90% memenuhi kriteria permendikbud tentang standar proses yang berlaku.

8. Sekolah mampu memenuhi 90% standar sarana dan prasaran / fasilitas sekolah meliputi semua sarana dan pra sarana, fasilitas, peralatan dan perawatan.

9. Sekolah mampu memenuhi standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi 100% guru berpendidikan minimal S-1 dan S-2, memiliki sertifikat pendidik, dan mampu menguasai perangkat teknologi informasi jaringan digital.

10. Sekolah mampu memenuhi standar pengelolaan sekolah meliputi pendokumentasian dan pelayanan standar pengelolaan pembelajaran, kurikulum, sarana dan prasarana, SDM, kesiswaan, administrasi secara lengkap berbasis TIK.

11. Sekolah mampu mengembangkan akses informasi penilaian pendidikan yang berbasis TIK.

12. Sekolah bekerja sama dengan komite sekolah dan pemerintah mampu memenuhi pembiayaan sekolah secara cukup, wajar, dan sesuai perencanaan.

Baca Juga:  Lawan Presiden RI, Jaksa Agung Menangkan PK Gugatan Arie Rompas

13. Sekolah mampu menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan institusi berstandar nasional dan internasional.

14. Sekolah mampu mewujudkan inovasi dan kreatifitas dalam pengembangan kewirausahaan dan pendidikan karakter yang dinamis dan berwawasan ke depan.

15. Sekolah melakukan usaha menuju sekolah moderen, sehat, nyaman, aman, asri, dan berwawasan lingkungan.

Kepala SMPN 2 Bandar Lampung DR. M. Badrun, M.Ag, menerangkan sekolah yang di Pimpin nya sejak Tahun 2019 ini sudah banyak prestasi yang di ukir serta sudah meluluskan Siswa Siswi terbaik terangnya kepada Handalonline.com Sabtu (9/7/2022).

“Harapan saya ke depannya SMPN 2 Bandar Lampung menjadi sekolah rujukan yang ada di provinsi Lampung yaitu rujukan Nasional dalam bidang prestasi akademik, non akademik dan juga karakter pelajar Pancasila,” katanya.

Kepsek juga mengatakan harapan nya untuk siswa-siswi mampu bersaing secara nasional dan juga internasional. yang pertama bisa melanjutkan pendidikan ke SMA yang favorit di Jawa.

“Seperti SMA Pradita Dirgantara, Taruna Nusantara, SMA Labschool di Jakarta, MAN IC di Serpong, MAN IC di Lampung Timur, intinya SMA yang favorit dan memiliki karakter,” sebutnya.

Dia juga menceritakan untuk prestasi- Prestasi siswa yang sudah juara Nasional kompetesi sains nasional kemudian juara internasional kompetisi sains nasional sekarang sedang seleksi pergerak untuk SMPN 2 Bandar Lampung tinggal menunggu pengumuman harapannya bisa lulus.

“Saya ingin sekolah ini maju di segala bidang, untuk itu kebersamaan dan hubungan yang solid dengan segenap dewan guru, adalah hal yang harus terwujud agar terjalin nya rasa kekeluargaan sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik,” pungkas kepsek DR. M. Badrun, M.Ag. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here