Anggota DPR RI Wenny Haryanto Adakan Germas Agar Masyarakat Sadar Sehat

 Editor: M.Ismail 

Jakarta (HO) – Anggota DPR RI Komisi IX Dra.Hj. Wenny Haryanto, SH menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat (Germas) Protokol Kesehatan di Gedung Ballroom Global Persada Mandiri (GPM) School, Kota Bekasi, Jumat, (22/4/2022).

Kegiatan ini merupakan bagian program Komunikasi Informasi dan Edukasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerjasama dengan DPR RI dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang menjadi ancaman bagi masyarakat hingga kini.

Hadir sebagai narasumber kegiatan sosialisasi ini, antara lain Rita Herlinawati selaku Direktorat Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Adi Komara, SKM selaku Fungsional Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Dinas Kesehatan Jawa Barat, dr Sudirman selaku Staf Khusus Wali Kota Bekasi Bidang Kesehatan, serta Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Bekasi Dariyanto.

Sementara peserta sosialisasi yang hadir sekitar 150 orang dari kalangan masyarakat pemerhati bidang kesehatan yang aktif dalam mendukung pemerintah untuk menuntaskan pandemi Covid-19. Saat pantauan media ini.

Baca Juga:  WHO Laksanakan Field Work cPIE Ke Puskesmas Rawat Inap Simpur

Menurut Wenny Hariyanto saat pemaparannya terkait Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat, bahwa Sehat yang diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Ia menambahkan, aksi atau kegiatan Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih, sehat dan memberikan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat, dengan tujuan Germas adalah menjalani hidup yang lebih sehat sehingga memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang.

“Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit,” tegas Wenny.

Ia juga melihat Munculnya pandemi Covid-19 yang saat ini telah memasuki tahun ketiga, berpengaruh sangat besar terhadap berbagai bidang kehidupan manusia di seluruh dunia, terutama pada sektor ekonomi dan kesehatan.

Baca Juga:  Berakhir di Jeruji Besi, Mantan Kades Hanau Berak Korupsi Dana Desa

“Kejadian luar biasa akibat adanya pandemi ini membuat setiap orang saat ini menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan din keluarga dan lingkungannya,” papar Wenny.

Demikian, Wenny kembali mengingatkan pemberian vaksin ini bukanlah obat untuk Covid-19, dan walaupun kasusnya saat ini sudah sangat melandai, Covid-19 ini masih ada diantara kita semua sehingga masih diperlukan tindakan promotif dan preventif lainnya sebagai upaya pencegahan, diantaranya dengan tetap selalu menerapkan Germas dan protokol kesehatan 5M.

Sebelum menutup, Wenny menyatakan bahwa memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan Germas merupakan tanggung jawab semua kalangan masyarakat.

“Dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas Covid-19. Mari bersama-sama mewujudkan Kota Bekasi bebas Covid-19 dengan selalu menerapkan Germas, protokol kesehatan 5M dan turut serta serta memberikan dukungan penuh dalam program vaksinasi nasional,” pungkasnya. (Fajar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here