Program Strategis Kementerian ATR/BPN, Kakon BPN Pesawaran: PTSL Meminimalisir Konflik Pertanahan

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Kepala Kantor BPN Kabupaten Pesawaran Lampung Darman Hutasoit mengatakan jika Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dapat meminimalisir konflik pertanahan menjadi permasalahan yang sering terjadi, khususnya untuk tanah belum bersertifikat.

Demikian diungkapkan saat dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan sosialisasi program strategis Kementerian ATR/BPN yang salah satunya adalah PTSL, di Gedung Graha Adora Desa Kurungan Nyawa Kecamatan Gedongtataan, Kamis (21/10/2021).

“PTSL sangat banyak manfaat bagi keamanan aset yang masyarakat miliki. Dengan adanya sertifikat tanah, kita bisa terhindar dari konflik-konflik serta bisa dimanfaatkan sebagai akses permodalan. Selain bagi masyarakat, manfaat PTSL juga akan dirasakan oleh pemerintah dalam meningkatkan kualitas data pertanahan dan peningkatkan pendapatan daerah,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Bina Pendanaan dan Pencadangan Tanah, Nurhadi Putra mengatakan begitu pentingnya program PTSL guna memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi tanah masyarakat.

Baca Juga:  Wakapolres Pesawaran Kena Razia, AKBP Pratomo Widodo: Saya Jalankan Perintah Kapolri

“Kepemilikan sertifikat tanah ini nanti bukan hanya sekedar terpenuhinya syarat administratif namun lebih dari itu, yaitu sebagai jaminan kepastian hukum,” kata dia.

“Saya imbau masyarakat untuk ikut membantu program PTSL ini mulai dari gerakan memasang batas tanah, hingga menyiapkan dokumen pendukung karena kita tidak boleh mempersulit apalagi untuk hal yang juga untuk kepentingan kita sendiri,” tambahnya.

Begitu juga disampaikan komisi ll Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Zulkifli Anwar, dirinya sangat mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan di Kabupaten Pesawaran.

“Saya sangat berterima kasih kepada Kementerian ATR/BPN sudah mengadakan acara di sini terkait sosialisasi program PTSL bagi masyarakat Kabupaten Pesawaran,” katanya.

“Sosialisasi ini sangat penting dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pemangku kepentingan terkait tentang program, kebijakan, dan peraturan perundang-undangan yang sedang dijalankan dan pemerintah terus berkomitmen memberikan edukasi kepada masyarakat,” timpalnya.

Baca Juga:  Pemilu 2024, KPU Pesawaran Gelar Rakor Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian sertifikat secara simbolis kepada masyarakat Pesawaran yang dilakukan oleh anggota DPR RI Zulkifli Anwar bersama pejabat yang mendampingi, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala bagian pemberitaan dan hubungan antar lembaga, Humas Kementerian Indra Gunawan, Kepala kantor wilayah BPN Provinsi Lampung Yuniar Hikmat Ginanjar, Bupati Pesawaran yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa, jajaran kepala Dinas Kabupaten Pesawaran, dan seluruh perwakilan Kepala Desa yang ada di Kabupaten Pesawaran.

Diketahui dalam kegiatan tersebut telah dilakukan registrasi dan Swab Antigen kepada seluruh peserta sosialisasi dan telah menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here