Jumat, April 19, 2024

Diterjang Banjir, Jalur Liwa-Krui Longsor, Akses Jalan Pemda Lumpuh

Lambar (HO) – Intensitas curah hujan yang tinggi di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) pada hari ini, Jumat (14/5/2021) mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor di wilayah setempat.

Salah satunya di Jalan Lintas Liwa, Lambar-Krui, Pesisir Barat (Pesibar) tepatnya Pekon Kubu Perahu terjadi banjir yang meluap ke jalan nasional ini. Akibatnya, akses jalan menuju Kabupaten Pesibar sempat lumpuh.

Sementara tanah longsor juga terjadi di Jalan Way Robok yang merupakan akses penghubung antara Kelurahan Way Mengaku (Kompleks pemda) dan Pantau (SMP 2 Liwa), Bakikbukit.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar, Mekal Novisa, mengatakan bahwa Lambar intensitas curah hujan yang tinggi pada hari ini mengakibatkan Jalan Lintas Liwa-Krui banjur dibeberapa titik di Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit.

Baca Juga:  Masyarakat Segera Laporkan Dugaan Korupsi Kades Tanjung Sari  Ke Kejari Lamsel

Menurutnya, banjir diakibatkan drenase yang ada tidak mampu menampung dibey air. Alhasil, air meluap kejalan dan mengakibatkan banjir di sekitaran Kolam Renang Way Sindak.

“Tim BPBD telah melakukan penyisiran di Jalan Ruas Liwa-Krui sampai dengan Perbatasan Pesibar dan tidak ditemukan adanya material/longsoran yang menutup badan jalan, hanya saja drainase tidak mampu menampung debit air sehingga airnya meluap ke badan jalan,” tulisnya.

Baca Juga:  Jelang Pilkada Pringsewu, Marindo Kurniawan  Ajak Jaga Netralitas

Dikatkannya, memang terjadi bencana lonsor dan pohon tumbang di Jalan Liwa-Krui. Namun, lokasi kejadian masuk wilayah Kabupaten Pesibar. Kejadian tersebutpun sudah ditangani oleh pemkab setempat.

“Iya tadi satgasku udah sampe perbatasan terus balik kanan karena aman, tau gitu tadi langsung terus dikit, ini udah diliwa lgi nanganin banjir,” katanya.

Sementara itu, bencana tanah lonsor terjadi Jalan Penghubung Pemda Way Mengaku – SMPN 2 Liwa Pantau  atau Jalan Way Robok Kecamatan Balik Bukit. Matrial lonsor dengan panjang kurang lebih tujuh metet dan lebar 5 meter membuat akses lalu tersendat. (Red)

Berita Populer

error: Content is protected !!