Kota Medan Bergetar Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Nias Barat

 Editor: M.Ismail 

Sumatera Utara (HO) – Gempa berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5) pukul 13.33 WIB.

Menurut data BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, kekuatan gempa di Nias Barat mencapai magnitudo 7,2.

“Menurut BMKG gempa tersebut tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati dalam keterangan tertulis, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga:  Tepat Hari Bhayangkara Ke-76, 38 Anggota Polres Pesawaran Terima Naik Pangkat

Raditya Jati mengatakan data BMKG juga menunjukan titik pusat gempa berada di 010 Lintang Utara (LU) dan 96,53 Bujur Timur (BT) di kedalaman 19 kilometer di bawah permukaan laut.

Bukan hanya di Nias Barat saja, Kota Medan juga diguncang gempa, Pusat gempa di Nias Barat berada di kedalaman 19 kilometer, persisnya di 141 kilometer barat daya Nias Barat.

Baca Juga:  Sambut HUT RI Ke-77, Desa Durian Benahi Lapangan Upacara

Untuk Kota Medan sendiri, pusat gempa berada di 455 kilometer barat daya Kota Medan. Getaran seperti truk melintas juga dirasakan di Tarutung, Tapanuli Utara.

“Apabila ditarik garis lurus maka jarak pusat gempa berada pada 141 km Barat Daya Nias Barat, 151 km Barat Daya Nias Selatan, 172 km Barat Daya Nias, 455 km Barat Daya Medan dan 1.339 km Barat Laut Jakarta,” papar Raditya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here