Peran Media Dalam Pilkada Dan Pandemi Covid-19

 Editor: M.Ismail 

Pringsewu (HO) Peran Media menjadi hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pilkada, selain sebagai sarana informasi juga sebagai media edukasi pada tahapan pilkada serentak 2020 di tengah Pandemi Covid-19.

“KPU berupaya partisipasi masyarakat pemilih meningkat, disisi lain kondisi masyarakat harus banyak dirumah untuk menghindari penyebaran covid -19, hal ini yang perlu disampaikan melalui media,” ujarnya ungkap Elizar dari Lembaga Komisi Informasi saat rapat Koordinasi bersama awak media di Regency Hotel, Pringsewu, Kamis (19/11/2020).

Ini merupakan salah satu tantangan dan upaya bersama, terutama peran media menyampaikan informasi hingga sampai tingkat RT, terutama media elektronik maupun media siber.

Baca Juga:  GEMAPATAS Pecahkan Rekor Muri, BPN Pesawaran Pasang 1.530 Batas Tanah di Dua Desa

“Kalau masyarakat sudah memahami tatacara pemilihan Kepala Daerah hingga datang ke TPS, tingkat partisipasi masyarakat juga mencapai sasaran pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Ryan Arnando mengatakan peran media massa menjadi penting sebab penyelenggara pemilu membutuhkan media penyampai informasi kepada masyarakat.

“Pilkada adalah sarana mencapai kedaulatan rakyat dengan memilih secara langsung dan demokratis. Nah di sinilah dibutuhkan peran media sebagai pilar demokrasi,” sebut Ryan dalam gelaran.

Baca Juga:  Wujudkan Tertib Administrasi, Kantor Kementerian ATR/BPN Kota Panjang Gelar Penyuluhan PTSL

Dia juga mengatakan ada dua isu utama yang membutuhkan pengawasan saat berlangsungnya Pilkada, pertama menangkal berita bohong (Hoax) dan kedua, upaya memerangi politik uang.

“Deklarasi Pilkada memuat juga komitmen mencegah penyebaran Covid-19 saat pelaksanaan Pilkada berlangsung, khususnya saat kampanye,” terangnya.

“Dabln kita berharap kontestasi Pilkada berlangsung dengan baik, serta partisipasi masyarakat dapat meningkat seiring penyebaran informasi yang dilakukan media massa,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here