Sabtu, Oktober 5, 2024

Dinkes Lakukan Pelayanan Kesehatan Serentak di Masjid 11 Kecamatan

Pesawaran (HO) – Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan di setiap masjid yang ada di Bumi Andan Jejama.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Media Apriliana mengatakan, kegiatan pengecekan kesehatan ini dilakukan secara serentak ke setiap masjid pada hari jumat.

“Jadi dalam pelayanan ini, setiap Puskesmas yang ada di 11 kecamatan secara serentak, untuk memberikan pelayanan pengecekan kesehatan secara gratis kepada masyarakat,” ujarnya, Jumat (4/10/2024).

Dirinya mengatakan, dalam pelayanan pengecekan kesehatan ini, pihaknya memfokuskan dalam pemeriksaan, mulai dari gula darah, kolesterol, asam urat dan tekanan darah.

Baca Juga:  Universitas Malahayati dan Universitas Mitra Indonesia Gelar Pengabdian Masyarakat

“Hal ini sesuai dengan anjuran Kemenkes, yang mana pengecekan dari screening penyakit tidak menular menjadi prioritas utama di tengah masyarakat, mengingat tingginya kasus penyakit tidak menular di tengah masyarakat,” kata dia.

Menurutnya, pihak kesehatan sengaja melakukan pengecekan kesehatan pada hari jumat, mengingat kaum pria lebih sulit melakukan pengecekan kesehatan.

“Sebenarnya kan, pengecekan kesehatan secara rutin ini sudah kita lakukan juga di setiap kantor desa, namun yang bapak-bapaknya ini masih sangat jarang untuk datang, makanya kita lakukan setiap jumat setelah jumatan,” terangnya.

Baca Juga:  Wali Murid SDN 1 Perumnas Way Halim Mengeluh, Diduga Terjadi Pungli PIP dan Korupsi BOS

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Pemberantas Penyakit (P2P) Dinkes Pesawaran Chris Manurung mengatakan, ketika terdapat masyarakat yang memerlukan perawatan lebih lanjut, pihaknya akan memberikan surat rujukan.

“Jadi kalau saat ini, kita hanya melakukan pengecekan awal saja, apabila ada masyarakat yang memerlukan perawatan lebih lanjut, kami akan memberikan surat rujukan agar yang bersangkutan mendapatkan perawatan lebih lanjut,” katanya.  (Red)

Berita Populer

Sebanyak 85 Mahasiswa Ikuti Janji Kepaniteraan Pendidikan Profesi Ners UMITRA

Lampung (HO) - Fakultas Kesehatan Universitas Mitra Indonesia (UMITRA) menggelar acara Janji Kepaniteraan Program Pendidikan Profesi Ners Angkatan XX yang dihadiri sebanyak 85 mahasiswa. Acara...

Operasi Mantap Praja 2024, Polres Pesawaran Gelar Deklarasi Damai Pilkada Aman

Pesawaran (HO) - Polres Pesawaran Polda Lampung menggelar kegiatan Deklarasi Damai dan Do'a Bersama sebagai bagian dari persiapan Operasi Mantap Praja Krakatau 2024. Acara...
error: Content is protected !!