Rabu, Oktober 23, 2024

UPTD SDN 1 Teluk Pandan, Adakan Program GSS Setia Kawan

Pesawaran (HO) – Pada awal ajaran baru tahun 2024/2025, UPTD SDN 1 Teluk Pandan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung mengadakan program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dan Sehat Indah Kolaborasi Jiwa dan Lingkungan (SETIA KAWAN).

Kepala sekolah UPTD SDN 1 Teluk Pandan Meliana, S.Pd mengatakan Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dan Sehat Indah Kolaborasi Jiwa dan Lingkungan (SETIA KAWAN) merupakan kegiatan sekolah yang di lakukan setiap hari jumat secara bergantian. kemudian kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung kesehatan fisik dan mental siswa melalui lima pilar utama. Di mana setiap pilar dalam GSS memiliki fungsi sebagai tata kelola keberlangsungan implementasi Pendidikan Kesehatan.

“Sekolah sehat di programkan untuk hari  jumat. sehingga sehat fisik yang mana dilakukan minggu pertama dan minggu ketiga untuk minggu pertama, jum’at sehat senam, minggu ke tiga, jum’at sehat Jalan kaki,” terangnya kepada media Handalonline.com, Jum’at (6/9/2024).

Baca Juga:  Diduga Terlibat Penimbunan BBM, Masyarakat Desak Pemilik SPBU 23.353.18, Pecat Manager dan Pengawas 

Selanjutnya, sehat Lingkungan dilakukan pada jumat minggu ke dua dengan cara bergotongroyong untuk membersihkan lingkungan sekolah, cuci tangan pakai sabun, Kantin sehat bebas sampah plastik dimana anak-anak di minta membawa ember maupun piring ketika membeli jajanan di kantin.

“Kemudian, sehat jiwa dimana kegiatan ini dilakukan setiap jumat minggu ke 4 kegiatan yang bernama jumat taqwa dimana peserta didik d ajarkan ilmu agam sesuai agama masing-masing yang muslim baca surat pendek solawat tilawah dan lain-lain. yang non musim di bimbing guru agama non musim,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, dimana sehat gizi ini setiap hari siswa di wajibkan meminum air putih minimal 2 gelas. untuk penyediaan air minum d kelas sudah ada. konsumsi makanan bergizi dengan melaksanakan program sarapan bersama minimal sekali seminggu dengan menu bergizi seimbang yang mencakup protein tinggi, buah, dan sayuran. Program ini melibatkan orang tua dan komunitas sekolah dalam penyediaan makanan sehat.

Baca Juga:  Danbrigif 4 Marinir/BS Perkuat Sinergitas Menuju Lampung Berjaya, Gelar Olahraga Bersama

“Sehat imunisasi kegiatan ini kita lakukan berkerjasama dengan mitra puskesmas upaya untuk mewujudkan kondisi di mana seluruh anak usia sekolah mendapatkan imunisasi lengkap,” kata nya.

Dikatakan nya kegiatan tersebut meliputi pemetaan status imunisasi, melakukan pemetaan status imunisasi peserta didik secara berkala untuk memastikan tidak ada yang terlewat.

“Rekomendasi Pemenuhan Imunisasi, memberikan rekomendasi kepada orang tua tentang pemenuhan imunisasi yang diperlukan berdasarkan hasil pemetaan.

“Pelaksanaan Imunisasi, mengadakan kegiatan imunisasi lengkap bagi anak usia sekolah dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), dengan dukungan penuh dari tenaga kesehatan setempat,” jelasnya.

Harapannya, dengan diadakan kegiatan gerakan  sekolah sehat yaitu Meningkatkan Kesehatan Siswa,selain itu  Memberikan pengetahuan dan kebiasaan hidup sehat kepada siswa untuk meningkatkan kualitas kesehatan mereka. lingkungan sekolah yang bersih.

“Dan sehat menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, aman, dan nyaman untuk mendukung proses belajar-mengajar,” pungkasnya.  (Indra Jaya)

Berita Populer

Polemik Dugaan Ijazah Bodong, Bawaslu sebut Berpedoman Pada KPU Pesawaran

Lampung (HO) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran Fatihunnajah angkat suara terkait polemik dugaan Ijazah bodong oleh calon Bupati Aries Sandi Darma...

Diduga Terlibat Penimbunan BBM, Masyarakat Desak Pemilik SPBU 23.353.18, Pecat Manager dan Pengawas 

Pringsewu (HO) - Terkait adanya dugaan Penimbunan BBM yang terjadi di SPBU 23.353.18, yang terletak di jalan Ganjaran ll Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Provinsi...
error: Content is protected !!