Kamis, Juni 13, 2024

Ketua TP PKK Pesawaran Lindungi Anak-Anak, Kukuhkan Forum Koordinasi PATBM

Pesawaran (HO) – Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung dalam melindungi anak-anak dari tindak kekerasan adalah dengan mengukuhkan Forum Koordinasi PATBM.

Hal itu diungkapkan Ketua TP- PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi saat membuka Pengukuhan Forum Koordinasi, Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kabupaten Pesawaran dan sosialisasi mekanisme pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak bagi Kader PATBM Tahun 2024 di Balai Desa Bogorejo, Kamis, (30/5/2024).

Ketua TP PKK Pesawaran Lindungi Anak-Anak, Kukuhkan Forum Koordinasi PATBM

Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) merupakan sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak.

PATBM sendiri merupakan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya upaya pencegahan dan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.

Baca Juga:  Proyek Jalan Pesibar, Pidsus Kejati Lampung Kembali Periksa Kepala BPKAD

Nanda Indira yang juga Dewan Penasehat PATBM Pesawaran mengatakan, saat ini sebanyak 17 PATBM telah bertransformasi menjadi sebuah Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) yang tertuang dalam peraturan desa.

“Keberadaan PATBM ini setara dengan lembaga kemasyarakatan lainnya, seperti, PKK, Posyandu, Karang Taruna dan lain-lain, berarti semuanya harus berperan aktif dalam menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak,” kata Nanda.

Ketua TP PKK Pesawaran Lindungi Anak-Anak, Kukuhkan Forum Koordinasi PATBM

Dirinya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus PATBM yang sudah dikukuhkan dan berharap visi  bersama meneruskan Kabupaten Pesawaran sebagai Kabupaten Layak Anak dapat terwujud.

Sementara, Kepala Dinas P3AP2KP Pesawaran Maisuri menyatakan, terbentuknya lembaga – lembaga perlindungan anak dan partisipasi anak berbasis masyarakat di tingkat desa.

Baca Juga:  Desa Dantar Akan Jadi Puncak Gebyar Intervensi Stunting, Nanda: Posyandu Dilengkapi Antropometri

“Meningkatkan kepedulian Pemerintah dan masyarakat desa dalam pelaksanaan perlindungan anak, serta peningkatan kapasitas kader PATBM dan dikukuhkan nya forum komunikasi PATBM di Kabupaten Pesawaran, dan menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah Bumi Andan Jejama,” kata Maisuri.

Maisuri menjelaskan, Pengukuhan Forum Koordinasi PATBM se-Kabupaten Pesawaran ini diisi pemateri dari unit PPA Polres Pesawaran, dan Save The Children.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat, jika terjadi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, jangan ragu untuk melaporkannya ke Aparat Penegak Hukum, sehingga kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat menurun.  (Red)

Berita Populer

Jelang Konferkab, Ketua PWI Pesawaran: Jangan Ada Intervensi Anggota

Pesawaran (HO) - Menjelang Konferensi Kabupaten (Konferkab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran Lampung, yang akan di gelar pada akhir Juni 2024 mendatang, seperti...

Kembangkan E-Katalog Lokal, Pemkab Pesawaran Gelar Sosialisasi Peraturan Pengadaan Barang dan Jasa

Pesawaran (HO) - Pemerintah Kabupaten  Pesawaran Provinsi Lampung  melalui Bagian pengadaan barang dan jasa, menggelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)...
error: Content is protected !!