Kamis, Oktober 24, 2024

Wow, 16 Ribu Kendaraan Nunggak Pajak, Samsat Pesawaran Datangi Rumah

Pesawaran (HO) – Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Pesawaran, melaksanakan program verifikasi data dan penagihan tunggakan pajak kendaraan bermotor secara door to door.

Kepala Samsat Pesawaran Dimas Aditya mengatakan, yang dilakukan penagihan adalah masyarakat yang memiliki kendaraan menunggak pajak, cut off data per tanggal 1 juni 2023.

“Jadi nanti petugas kita datang ke rumah yang ada di data, apabila kendaraannya sudah dijual, petugas kita meminta untuk yang bersangkutan langsung melaporkan ke whatapps center Bapenda Provinsi Lampung, apabila kendaraannya hilang pemilik diminta surat keterangan hilang dari kepolisian dan mengisi form yang sudah disiapkan oleh Bapenda,” terang Dimas, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga:  Pentingnya Jaminan Sosial, Ketua KSPSI Pringsewu Audensi Bersama BPJS Ketenagakerjaan 

Jika lanjutnya, kendaraan ternyata masih ada, pemilik diminta untuk menyelesaikan tunggakan PKB tersebut, bisa melalui aplikasi, bayar melalui BumDes, maupun langsung ke Samsat terdekat.

“Dalam penagihan ini ada tiga kategori yang dilakukan penagihan yaitu orang pribadi, kendaraan dinas pemerintah dan badan,” ucapnya.

Dirinya mengatakan, di Kabupaten Pesawaran terdapat sebanyak 16 ribu kendaraan yang terdaftar sebagai kendaraan yang menunggak pajak di 148 desa yang ada di Bumi Andan Jejama.

Baca Juga:  AKBP Rivanda Kapolres Tanggamus Pimpin Sertijab Kasat Lantas dan Kapolsek Sumberejo

“Jadi program ini, sebagai langkah awal sebelum diterapkan uu 22 tahun 2009 pasal 74 tentang registrasi kendaraan bermotor, jadi kedepannya ketika diterapkan tidak ada alasan masyarakat tidak mengetahui tentang peraturan tersebut,” kata dia.

Dimas menambahkan, dengan adanya pelaksanaan program ini diharapkan data pemilik kendaraan lebih akurat, dan yang pasti masyarakat dapat lebih sadar akan kewajiban membayar pajak.

“Kami juga bekerja sama dengan pemerintah desa, untuk bersama-sama menuju ke rumah yang telah terdaftar sebagai penunggak pajak,” pungkas nya. (Red)

Berita Populer

Polresta Bandar Lampung Tangkap Pelaku Dugaan Asusila Terhadap Anak

Lampung (HO) - Polresta Bandar Lampung berhasil mengamankan pelaku dugaan tindak asusila terhadap anak di bawah umur di kawasan Panjang, Bandar Lampung. Peristiwa tersebut dilaporkan...

Polemik Dugaan Ijazah Bodong, Bawaslu sebut Berpedoman Pada KPU Pesawaran

Lampung (HO) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran Fatihunnajah angkat suara terkait polemik dugaan Ijazah bodong oleh calon Bupati Aries Sandi Darma...
error: Content is protected !!