KPU Pesawaran Gelar Tes Tertulis Untuk 1299 Calon PPS Pemilu 2024

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pesawaran menggelar tes tertulis untuk calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024, Senin (7/01/2023), di Gedung Adora, Gedong Tataan.

Sebanyak 1299 peserta mengikuti tes tertulis yang terdiri dari 148 Desa dari 11 Kecamatan dilakukan secara manual/konvensional dan dilaksanakan sebanyak dua sesi.

Ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi masyarakat dan SDM KPU Pesawaran Murniati Indah Permatasari menjelaskan, peserta tes ini mengerjakan sebanyak 75 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit. Soal yang diujikan dalam tes tertulis ini terdiri dari pengetahuan kepemiluan, kompetensi dasar serta wawasan kebangsaan.

Baca Juga:  Terbukti Perkara Kawasan Berikat, Leslie Girianza Hermawan di Vonis 13 Tahun Penjara

“Semua soal dibuat secara langsung oleh KPU RI satu hari sebelum pelaksanaan tes tertulis,” kata Indah.

Kemudian lanjut Indah, calon PPS yang dinyatakan lulus selanjutnya akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya yaitu tes wawancara. PPS yang dibutuhkan sebanyak tiga orang dimasing-masing desa. Sehingga total kebutuhan PPS se- Kabupaten Pesawaran sebanyak 444 orang.

“Masing-masing desa nantinya hanya tiga (3) PPS saja dari jumlah 148 desa, jadi total keseluruhan PPS sebanyak 444 orang yang ada di Kabupaten Pesawaran,” jelas Indah.

Baca Juga:  Ciptakan Lingkungan Sehat Kakon Tanjung Agung Bersama Masyarakat Gelar Jumsih

Dia menambahkan, nantinya PPS yang terbentuk akan dibantu dalam menjalankan tugas oleh sekretariat PPS yang berasal dari unsur perangkat desa. KPU Pesawaran dalam pembentukan sekretariat PPS akan melakukan koordinasi dengan Kepala Desa di masing-masing wilayah.

“Sekretariat PPS ini terdiri dari satu sekretaris dan dua staf sekretariat. Nantinya PPS akan dilantik secara serentak pada tanggal 24 Januari 2023,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here