Desa Hanura Pesawaran Raih Anugrah Keterbukaan Publik dari KI Lampung

 Editor: M.Ismail 
Kepala Desa Hanura Pesawaran Rio Remota Raih Anugrah Keterbukaan Publik dari KI Lampung

Pesawaran (HO) – Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran meraih anugerah keterbukaan informasi publik Lampung tahun 2022, di Swiss Belhotel Bandar Lampung, Lampung, Selasa (20/12/2022).

Kepala Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Pemkab Pesawaran Jayadi Yasa mengatakan, penganugerahan yang diberikan kepada Desa Hanura dengan kategori peduli atas ketebukaan informasi publik tahun 2022.

“Penganugerahan yang diberikan sebagai penetapan kepada Desa Hanura menjadi desa percontohan desa anti korupsi nasional,” ucap Jayadi.

Jayadi menjelaskan, kategori atas keterbukaan informasi publik tersebut sebagai bentuk transparansi pembangunan dan dana anggaran.

“Sehingga segala bentuk pembangunan dan dana yang ada di desa harus diinformasikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Limbah PT KASA, Akibatkan Wabah Penyakit, Miris Bertahun-tahun Petani Gagal Panen

Jayadi pun menilai, dengan keterbukaan informasi yang telah diterapkan oleh Desa Hanura dapat menjadi pilot project bagi desa lainnya.

“Karena kepentingan transparansi desa dalam soal pembangunan dan dana anggaran yang dilakukan memang masyarakat harus mengetahui,” terangnya.

Jayadi menjelaskan, untuk menambah percepatan penerapan tranparansi pembangunan dan dana desa, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh pemerintahan desa.

Lanjut Jayadi, hal ini dapat menciptakan keterbukaan informasi secara baik dengan seluruh segi rencana keuangan serta pembangunan desa.

“Kemudian dengan tersedianya anggaran, program apa yang akan dilaksanakan, masyarakat harus tahu,” jelasnya.

Jayadi mengungkap, dana desa yang telah digelontorkan oleh pemerintah pusat adalah sebagai bentuk pembangunan dari bawah dalam bentuk kesejahteraan.

Baca Juga:  Puskesmas Simpur Peringati Hari Gizi Nasional ke-63, Upaya Pencegahan Stunting

Sehingga pengelolaan dana dalam bentuk program apapun harus terbuka dan transparan.

Sementara itu, Kepala Desa Hanura, Rio Remota menjelaskan bahwa penghargaan hang telah diraih menjadi dukungan dan motiviasi untuk lebih terbuka.

“Untuk segala hal dan terkait informasi apapun,” kata Rio.

Rio menyadari bahwa dukungan pemerintah desa tidak dapat maksimal apabila tidak mendapat dukungan dari masyarakat.

Sehingga lanjut Rio, pihak pemerintah Desa Hanura akan selalu memberikan informasi kepada masyarakat tentang program apa saja yang akan dilaksanakan di waktu dekat.

“Sehingga masyarakat bisa memberikan masukan pembangunan apa saja yang terbaik pada desanya,” pungkas Rio. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here