Angin Puting Beliung Luluh Lantahkan 30 Rumah Warga Pekon Sukorejo

 Editor: M.Ismail 
Angin Puting Beliung Luluh Lantahkan 30 Rumah Warga Pekon Sukorejo

Pringsewu (HO) – Angin puting beliung meluluh lantahkan rumah warga di Pekon Sukorejo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu yang mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami rusak parah, dan rusak sedang, gegara terjangan angin puting beliung  yang terjadi pada Jumat 16 Desember 2022 sekitar Pukul 15.45 Wib. di Dusun 1 Sukamaju RT 01, RW 01  pekon setempat.

Kepala Pekon Sukorejo S.Subali SE mengatakan kejadian tersebut cukup cepat sekali  namun untuk korban jiwa dan luka- luka tidak ada hanya rumah warga yang mengalami rusak parah berjumlah 30 rumah.

“Hari ini warga bersama aparatur pekon, dan di bantu Kapolsek Pardasuka Iptu Jumbadiyo SH, Bhabinkamtibmas Briptu Budiyanto, Bhabinsa Pelda Udin M serta anggota desa tanggap bencana Pekon Sukorejo bergotong-royong membantu Evakuasi membersihkan, material, puing-puing yang rumahnya terkena dampak terjangan angin puting beliung,” ungkap Subali, Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga:  HPN 2023, 15 Pengurus PWI Pesawaran Dampingi Bupati Terima Anugerah Kebudayaan

Dilanjutkannya lagi, untuk korban jiwa tidak ada  hanya saja rumah- rumah warga yang mengalami kerusakan total kerugian materil di tafsir sekitar kurang lebih Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah).

Kakon menuturkan, peristiwa angin puting beliung di picu oleh hujan dengan intensitas tinggi dan di sertai Angin kencang, menyikapi kondisi tersebut, masyarakat Pekon Sukorejo di himbau untuk tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi.

Baca Juga:  Terbukti Perkara Kawasan Berikat, Leslie Girianza Hermawan di Vonis 13 Tahun Penjara

“Saya menghimbau kepada semua warga agar tetap berhati-hati, dalam menghadapi, seperti banjir, tanah longsor maupun angin kencang seperti angin Puting beliung,” pungkasnya.

Salah satu warga yang rumahnya mengalami kerusakan, Sukinah berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu Khususnya kepada Bupati Adi Erlansyah dan dinas terkait untuk membantu, perbaikan rumah yang mengalami kerusakan sehingga dapat kembali ditempati.

“Saya berharap bapak bupati melalui instansi terkait untuk membantu dan membenahi rumah kami yang terkena angin puting beliung,” harapnya.   (Ardiyan/ Indra jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here