Kemenkes RI Lakukan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Sisrute di Puskesmas Simpur

 Editor: M.Ismail 
Kemenkes RI Lakukan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Sisrute di Puskesmas Simpur

Bandar Lampung (HO) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Simpur Kota Bandar Lampung merupakan Puskesmas terpilih dalam rangka kegiatan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Sisrute di Puskesmas oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) pada hari ini Kamis, 15 Desember 2022.

Kemenkes RI memfokuskan pelayanan kesehatan ke arah pencegahan atau promotif preventif melalui transformasi kesehatan 6 pilar terkait layanan primer, salah satu nya yaitu Transformasi Layanan Rujukan. Transformasi Layanan Rujukan berkaitan dengan Penyelenggaraan sistem rujukan secara online melalui aplikasi Sisrute. Sisrute (Sistem Rujukan Terintegrasi) merupakan proses rujukan antar fasilitas pelayanan kesehatan dengan menggunakan teknologi informasi berbasis internet yang dapat menghubungkan data pasien dari tingkat layanan lebih rendah ke tingkat layanan lebih tinggi atau sebaliknya serta sederajat (horizontal maupun vertikal) dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses rujukan pasien.

Poto bersama saat Kemenkes RI Lakukan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Sisrute di Puskesmas Simpur

Kemenkes RI memberikan tanggapan positif, seperti yang di ungkapkan, Ns. Sunardi, S.Kep, M.Kep, Sp.KMB selaku Ketua Tim Kerja Sistem Rujukan Kemenkes RI mengatakan layanan rujukan Sisrute di Puskesmas Simpur telah berjalan dengan baik, hal ini terlihat dengan adanya alur dan Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait pelaksanaan Sisrute serta dokumentasi riwayat penggunaan aplikasi Sisrute ini.

Baca Juga:  Puskesmas Simpur Peringati Hari Gizi Nasional ke-63, Upaya Pencegahan Stunting

“Sesuai dengan surat Direktorat Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI nomor YR.04.02/III/6014/2018 tanggal 10 Desember 2018 tentang penggunaan Sisrute diseluruh fasilitas kesehatan/ faskes lingkup provinsi, sebagai sistem informasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan terpadu berbasis IT, bertujuan untuk meningkatkan kinerja faskes dengan digitalisasi IT e-rujukan dan untuk mempercepat proses rujukan dan rujuk balik sesuai kebutuhan medis pasien dan kompetensi fasilitas layanan kesehatan,” terangnya, Kamis (15/12/2022).

Sementara itu Kepala Puskesmas Rawat Inap Simpur dr. Liskha Sari Sandiaty, M.Kes menyampaikan pihaknya sangat terbantu dengan adanya aplikasi Sisrute yang memudahkan Puskesmas Rawat Inap Simpur untuk merujuk pasien ke Rumah Sakit Rujukan berjenjang ataupun sederajat, hal ini merupakan solusi peningkatan akses masyarakat di wilayah kerja Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Kemenkes RI Lakukan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Sisrute di Puskesmas Simpur

“Dengan adanya aplikasi Sisrute bisa terciptanya keselamatan pasien dan terintegrasinya sistem informasi rujukan pasien serta terwujudnya percepatan pelayanan rujukan dari Puskesmas ke Rumah Sakit Rujukan,” katanya.

Begitu juga di sampaikan, Ns. Sari Selviyana, S.Kep selaku Koordinator UGD Puskesmas Rawat Inap Simpur mengungkapkan Selama ini pihaknya terkendala pada saat mengakses aplikasi Sisrute loading yang sangat lambat mengakibatkan sulitnya mendapatkan Rumah Sakit rujukan untuk pasien.

Baca Juga:  Hillary : Manfaatkan Sosmed Untuk Berjualan Dan Meningkatkan Perekonomian

Ditempat yang sama, Ns. Lina Gustiana, S.Kep selaku Koordinator Rawat Inap Puskesmas Rawat Inap Simpur menambahkan terkendala Respons time Rumah Sakit Rujukan menjawab rujukan lebih dari 15 menit, pada saat pihaknya mengakses Sisrute pasien rawat inap yang akan dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan.

Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Perseorangan(UKP) sekaligus PIC Sisrute dr. Sarah Prima Ayu menyampaikan terimà kasih kepada Tim Kemenkes RI yang telah melakukan monitoring dan evaluasi Sisrute di Puskesmas Simpur sehingga pihaknya bisa lebih mengerti bahwa sebaiknya petugas jaga shift memiliki akun sendiri pada saat mengakses aplikasi Sisrute untuk menjamin kerahasiaan data pasien yang akan di rujuk. Selain itu juga memakai sistem telegram untuk kode OTP saat log in ke Sisrute.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan rujukan agar pasien mendapatkan pelayanan yang berkualitas dan paripurna dari Puskesmas Simpur,” pungkasnya. (Mira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here