Sejahterakan Masyarakat Melalui Program Ketahanan Pangan, Desa Fajar Baru Belikan 2 Ekor Sapi

 Editor: M.Ismail 
Sejahterakan Masyarakat Melalui Program Ketahanan Pangan, Desa Fajar Baru Belikan 2 Ekor Sapi

Lampung Selatan (HO) – Dalam rangka mensejahterakan masyarakat Desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan merealisasikan program ketahanan Pangan Tahun anggaran 2022, dengan membeli 2 ekor sapi seharga Rp.15 juta per ekor diserahkan kepada Kelompok Peternakan, tim Pengelola kegiatan ketahanan pangan desa.

Kepala Desa Fajar Baru M. Agus Budiantoro, S.Hi yang di wakili Sekretaris Desa Solichen, S.Sos mengatakan Kepada Handalonline.com, program Ketahanan Pangan Tahun Anggaran 2022 yaitu berupa penyerahan 2 ekor sapi kepada kelompok peternakan sekaligus pengolahan kegiatan Ketahanan Pangan Desa Fajar Baru.

“Ketahanan pangan ini sumbernya dari dana desa tahun 2022. Ketahanan pangan itu harus di alokasikan sebesar 20% dari dana desa diantaranya adalah untuk pengadaan sapi ini. Awalnya berencana untuk membelikan itik atau bebek tetapi kalau dilihat resikonya terlalu besar dan akhirnya ada peluang sapi yang bagus jadi kita sepakat untuk mengadakan perubahan yang akhirnya kita alokasikan ke pengadaan hewan sapi,” terang Sekretaris Desa Solichen, S.Sos mewakili kepala desa Jumat (21/10/2022).

Baca Juga:  Guna Keselamatan Anggota, Kodim 0421/LS Gelar Apel Pemeriksaan kendaraan

Dia juga menambahkan sudah ada pengolahannya terkait sapi yang belikan dan sudah berpengalaman.

“Intinya tujuan dari program ini tentunya ingin berkesinambungan, karena kebetulan sapi yang kita di beli juga sedang hamil semua jadi niatan kami untuk masyarakat supaya siapa yang memang punya sumber daya untuk mengelola sapi ini kita serahkan,” ujarnya.

Baca Juga:  Sukseskan Pilkades, Polres Pesawaran Amankan TPS, Bupati: Ganggu Keamanan Siapkan Sel Khusus

Kemudian katanya, ketika nanti sapi telah melahirkan kemudian anaknya sudah berumur dalam arti sudah mandiri maka induknya akan berikan kepada warga yang lain untuk di kembangbiakan kembali.

“Dan semoga dari 2 sapi bisa menghasilkan 10 atau 20 sapi begitu harapannya. Program ini juga nanti nya bisa membantu warga yang ingin menernak sapi tetapi tidak punya modal dan tidak punya sapinya maka kita berikan kesempatan untuk memelihara sapi desa,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini juga di hadiri oleh Babinsa, Bahabinkamtibmas, Pendamping Desa dan seluruh perangkat desa Fajar Baru Serta masyarakat setempat. (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here