Fasilitasi Keluhan Warga, BANKI Laporkan Dugaan Korupsi Kades Karang Sari

 Editor: M.Ismail 
Ketua Umum LSM BANKI Rendy Septian

Lampung Selatan (HO) – Dugaan korupsi Desa Karang Sari Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2018 sampai 2021 yang dilakukan kepala Desa setempat Romsi dengan nilai mencapai ratusan juta rupiah akan segera di laporkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Brigade Anak Negeri Kawal Indonesia (BANKI) ke Kejaksaan Negeri Lampung Selatan.

Demikian dikatakan Ketua Umum (Ketum) LSM BANKI Rendy Septian, pihaknya dalam waktu dekat akan segera melaporkan dugaan korupsi dana Desa Karangsari berdasarkan keterangan dari warga masyarakat setempat yang mana mereka mengatakan bahwa Kepala Desa Romsi serta aparat desa tidak transparan dalam setiap pembangunan di desa serta tidak melibatkan warga masyarakat setempat.

“Ya keterangan tersebut berdasarkan fakta-fakta dan data yang kita temukan oleh tim di lapangan serta keterangan-keterangan dari warga masyarakat setempat yang mana kepala desa sejak awal menjabat sampai terpilih kembali itu tidak pernah melibatkan masyarakat dalam segi pembangunan dan terkesan tebang pilih dalam setiap melakukan pembagian bantuan,” ujar Ketua Umum LSM  BANKI  Randy Septian kepada Handalonline.com Minggu (25/9/2022).

Baca Juga:  Hadang Mobil Petugas Dengan Senjata, Polres Lamteng Tetapkan 7 Tersangka

Ditambahkan, berdasarkan keterangan masyarakat kerap sekali ada juga pungutan terkait pembuatan sertipikat, sehingga BANKI menilai harus ada pemeriksaan atas dugaan penyalahgunaan wewenang tersebut.

“jadi sebagai bentuk kepedulian kami dari Lembaga Swadaya Masyarakat BANKI dalam waktu dekat kita akan membuat laporan ke Aparat Penegak Hukum yang ada di Lampung Selatan karena ini murni keluhan dari masyarakat jadi kita bersama masyarakat sudah mempercayai kepada pihak kami untuk melaporkan dugaan indikasi korupsi ini tentunya ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Lampung Selatan,” terangnya.

Baca Juga:  Dukung Ketahanan Pangan Dandim 0421/LS Cek Perkembangan Tanaman Jagung
Kepala Desa Karang Sari Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung, Romsi.

Randy berharap nantinya laporan dari LSM BANKI dapat segera ditindak lanjuti oleh Aparat Penegak Hukum (APH) yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, dan semoga Aparat Penegak hukum dapat melakukan pemeriksaan, pemanggilan serta memeriksa laporan pertanggung jawaban (LPJ) sejak awal Kepala Desa Romsi menjabat.

“Dan nantinya dengan adanya laporan dari LSM BANKI apa yang diharapkan masyarakat kepada Aparat Penegak Hukum untuk turun langsung agar dapat segera terlaksana terlepas mau dipenjara atau tidak itu sudah bukan ranahnya kami,akan tetapi di Aparat Penegak Hukum, kita selaku fungsi kontrol sosial hanya menampung aspirasi masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui sebelum nya telah diberitakan dengan Link : https://handalonline.com/2022/09/16/masyarakat-keluhkan-kinerja-kades-karang-sari-pertanyakan-realisasi-dana-desa/  (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here