Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Desa Hanau Berak Bagikan 42 Karung Bibit Padi Unggul

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani Pemerintah Desa (Pemdes) Hanau Berak Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran, membagikan sebanyak 42 karung bibit unggul jenis padi kepada masyarakat yang menggantung kan hidup nya sebagai petani.

Kepala Desa Hanau Berak Ahmad Alamsayah yang juga Ketua Asosiasi Perangkat Desa (Apdesi) Kecamatan Padang Cermin, menjelaskan program pembagian bibit tersebut untuk meningkatkan ketahanan pangan guna kesejahteraan masyarakat Hanau Barak.

“Untuk yang kita bagikan sebanyak 42 karung di dalam satu karungnya itu ada 10 pis dan itu menggunakan sumber anggaran dana desa,” ujar kades kepada Handalonline.com di balai desa, Selasa (9/8/2022).

Kades mengatakan program tersebut sebelumnya sudah terlebih dahulu di musyawarahkan guna mendengar dan menampung aspirasi warga dan hasil dari kesepakatan dan keputusan bersama untuk pembagian bibit padi.

Baca Juga:  Proyek Siluman Dinas PU, Diduga Langgar Kepres, Berkeliaran di Lampung Tengah

“Sebelum pembagian bibit padi ini pemerintah desa juga sudah melakukan pembagian bibit pala, bibit alpukat dan bibit durian dan ini kita bagikan bibit padi kepada seluruh dusun warga masyarakat Desa Hanau Berak,” kata Kades Ahamd Alamsyah.

Dia mengungkapkan untuk kapasitas berbeda-beda, untuk yang petani sawah khususnya di Dusun 1, 2 dan 3 kemudian Dusun Induk, Dusun Duakha dan Dusun Kroya baru, sedangkan di dusun lain lain sudah dibagikan bibit Durian, Alpukat dan Pala.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar dalam penanaman bibit padi tersebut benar-benar di rawat, sehingga nanti hasilnya akan lebih meningkat untuk kesejahteraan masyarakat Hanau Berak,” ujarnya.

“Sebab apapun bentuknya itu karena jenis bibit yang kita bagikan kepada masyarakat ini adalah bibit-bibit unggul jadi bibit-bibit yang terbaik saya sampaikan juga tadi apabila tidak ada perawatan dari para para petani tersebut yang tidak kita lakukan dalam bentuk pertanian itu akan menyusahkan diri kita sendiri dan hasil panen tersebut itu hasil panennya nanti juga akan untuk petani itu sendiri jadi harus benar-benar dalam menanam dan merawatnya,” tegas kades Hanau Berak.

Baca Juga:  KPU Pesawaran Gelar CAT Ratusan PPK

Dalam pantauan Handalonline.com kegiatan penyerahan bibit Unggul jenis padi kepada masyarakat tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dan juga terlihat hadir seluruh perangkat desa bersama dengan PMD kecamatan pendampingan desa dan Ketua BPD Desa Hanau Berak dan masyarakat setempat. (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here