Nanda Indira Dendi Terima IKWI Award Wanita Inspiratif

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi menerima penghargaan sebagai wanita inspiratif pada Ajang Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Award 2022 di Hotel Sheraton, Sabtu (16/7/2022).

Kegiatan tersebut digelar sebagai salah satu acara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) IKWI Ke-61yang dirangkai sejak tanggal 01-31 Juli 2022. Kemudian, penghargaan juga diberikan kepada tokoh wanita lainnya yang dianggap berprestasi dan dapat dijadikan tauladan bagi keluarga wartawan.

Ketua IKWI Lampung Yenny Puspa Sari mengucapkan selamat kepada para penerima IKWI Award 2022. “Kalian adalah panutan bagi kami yang telah membuktikan bahwa perempuan bisa memposisikan diri dalam banyak hal,” kata Yenny.

IKWI Awards 2022 Fokus Stunting dilaksanakan bersama sejumlah organisasi dan OPD yang fokus pada pencegahan stunting. Menurut Yenni Puspasari, tahun ini sengaja memilih kegiatan lebih menyentuh untuk masyarakat. Salah satunya, penyerahan bantuan bagi anak penderita stunting di Lampung secara serentak.

“Kami ingin, bisa ikut mendukung penanganan stunting di Lampung, agar semakin hari semakin berkurang bahkan sampai zero stunting. Kami harap, semua yang diberikan IKWI kepada penderita stunting, dapat memberi motivasi bagi anak-anak dan juga orang tuanya,” ujar dia.

Baca Juga:  Tekan Kejahatan, Polsek Jati Agung Bersama TNI Gelar Patroli Gabungan

IKWI sadar, peran perempuan saat ini semakin besar untuk memajukan setiap lini kehidupan, dan mempengaruhi berjalannya kehidupan dalam satu keluarga.

“Karena itu, perempuan dituntut untuk serba bisa mulai dari mengatur waktu, membimbing anak, mendampingi suami hingga mengatur emosi,” tutur dia.

Di sisi lain, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung, Wirahadikusumah mengatakan bahwa permasalahan stunting di Lampung relatif menurun.

“Hal ini dikarenakan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Lampung, telah melaksanakan kegiatan Pertemuan Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Provinsi Lampung pada tahun 2020,” kata Wirahadikusumah.

Wira menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya pembinaan dan pengawasan kinerja kabupaten/kota, sehingga meningkatkan keterpaduan dalam intervensi gizi, untuk percepatan penurunan stunting yang menjadi salah satu prioritas nasional.

Dia berharap lewat diskusi stunting ini, para ibu dapat lebih memahami dan meningkatkan kewaspadaan gizi anak. “Penilaian aksi kinerja penurunan stunting adalah proses penilaian kemajuan kinerja kabupaten/kota dalam melakukan upaya untuk memperbaiki konvergensi intervensi gizi spesifik dan sensitif,” tutur dia.

Baca Juga:  Atlet Sambo Pesawaran Raih Medali Emas Porprov IX Lampung

Melengkapinya, Ketua IKWI Kabupaten Pesawaran Ayuna Putri Ismail mengatakan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus IKWI se-Provinsi Lampung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker atau alat pelindung diri (APD).

“Ibu Nanda mendapatkan penghargaan sebagai wanita inspiratif dimana telah memajukan UMKM dan menginisiasi karya Tapis Sulam Jelujur sebagai produksi Bumi Andan Jejama yang kini tengah menasional dan terus dipamerkan disejumlah ajang hingga manca negara,” kata Ayuna Putri Ismail.

Penghargaan yang dimaksud juga diberikan kepada Ketua TP PKK Lampung Riana Sari Arinal sebagai Perempuan Inspiratif Bidang Sosial, Bupati Tulangbawang Winarti (Perempuan Inspiratif Inisiator Program BMW+Bergerak Melayani Warga).

Dan, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana (Perempuan Inspiratif Inisiator Grebek Sungai), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana (Perempuam Inspiratif Tangguh Tanggulangi Pandemi Covid-19). Terakhir, Ketua TP PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto sebagai Perempuan Inspiratif Penanganan Stunting.

“IKWI Kabupaten Pesawaran nanti juga akan membagikan paket sembako dilingkungan anggota sekaligus acara arisan keluarga PWI dan IKWInya,” tegas dia. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here