Ciptakan Lingkungan Sehat, Mahasiswa KKN UIN Raden Intan Gelar Sosialisasi Cegah DBD

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) UIN Raden Intan Lampung tahun 2022 telah mengadakan sosialisasi dengan tema Pencegahan dan Pemberantasan Sarang Nyamuk Untuk Terciptanya Lingkungan yang Sehat, Kamis (14/7/2022).

Sosialisasi ini diisi oleh pemateri AD. Infantri, S.KM selaku Promosi Kesehatan (Promkes) Kepala Unit Pelaksana Tugas (KUPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rawat Inap Bunut. Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Selain itu, sosialisasi yang diadakan di Kantor Desa Ceringin Asri juga dihadiri oleh Zaenab, S.KM selaku Promkes KUPT Puskesmas Rawat Inap Bunut, Aparatur Desa Ceringin Asri, serta 26 tamu undangan dan Mahasiswa KKN-DR.

Baca Juga:  Dukung Ketahanan Pangan Dandim 0421/LS Cek Perkembangan Tanaman Jagung

AD. Irfantri, S.KM menjelaskan bahwa Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh virus Dengue ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypty.

“Faktor penyebabnya bisa karena tempat penampungan air yang menjadi sarang nyamuk di mana air tergenang dan dibiarkan terbuka,” jelas AD.

Dia menguraikan, adapun hal yang bisa di lakukan bersama-sama untuk memberantas dan mencegah sarang nyamuk ialah dengan melakukan 3M Plus.

“Yaitu Menguras bak mandi dan tempat penampungan air, Menutup tempat penampungan air dan Mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air,” sebutnya.

Baca Juga:  Wakapolres Pesawaran Kena Razia, AKBP Pratomo Widodo: Saya Jalankan Perintah Kapolri

Kemudian plusnya adalah Mendaur ulang barang-barang bekas agar menjadi suatu barang yang baru dan bisa digunakan kembali, kemudian penggunaan kelambu serta obat nyamuk dan menutup pentilasi menggunakan kasa.

Selanjutnya Rahadian Mareza selaku Ketua pelaksana memaparkan tujuan menyelenggarakan acara tersebut selain dari program kerja nyata KKN-DR juga juga bisa memberi kebermanfaatan khusus nya masyarakat desa Ceringin Asri.

“Semoga masyarakat bisa mengimplentasikan ilmu yang akan disampaikan oleh pemateri, dan tercipta lingkungan yang sehat,” jelas Reza. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here