Kunjungi Pesawaran, Pemda Pangkalan Bun Kalteng Takjub Teknologi Desa

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Pemerintah Daerah Kabupaten Pangakalan Bun Kalimantan Tengah melirik banyaknya inovasi yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran sehingga lebih pesat perkembangannya.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Pangkalan Bun Yudi Hudaya ketika mengunjungi pengrajin gula merah dari air nira Kelapa Sawit di Desa Roworejo Kecamatan Negeri Katon, Selasa (17/5/2022).

“Kami sangat takjub melihat sejumlah gagasan dan inovasi yang dilakukan Pemda Pesawaran, karena kabupaten yang baru pemekaran namun pembangunan nya sudah sangat luar biasa. Nah, ini yang nantinya akan kita duplikasi di daerah kami,” kata dia.

Menurutnya, Pemda Kabupaten Pangkalan Bun sangat tertarik sejumlah teknologi desa yang dikembangkan di desa desa yang ada di Kabupaten Pesawaran.

“Salah satunya ya Nira Kelapa Sawit yang diolah menjadi gula merah, potensi di daerah kami (Pangkalan Bun) lebih luas dibandingkan yang ada di Kabupaten Pesawaran, untuk itu kami sangat tertarik mengembangkannya,” ujar dia.

Baca Juga:  KPU Pesawaran Gelar CAT Ratusan PPK

Kemudian, rombongan Kepala Desa se-Kecamatan Kota Waringin Barat Kabupaten Pangkalan Bun tersebut juga mengunjungi peternakan puyuh organik di Desa Purworejo dan ternak Kambing serta pengrajin gula kelapa.

“Setelah kita melihat kondisi di Kabupaten Pesawaran, kami juga ingin mengembangkan potensi yang ada didaerah kami. Misalnya seperti bagaimana berternak dengan teknologi dan kualitas yang baik, lalu soal bagaimana mengolah gula kelapa dan gula yang bahan bakunya dari Nira Kelapa Sawit, ” tutur dia.

Dalam rombongan yang datang menggunakan dua bus besar, sedikitnya 80 orang yang didominasi Kepala Desa di Kabupaten Pangkalan Bun Provinsi Kalimantan Tengah melakukan kunjungan belajar di Bumi Andan Jejama dengan harapan dapat mereplika beberapa inovasi pembangunan desa sehingga dapat mengakselerasi pembangunan nantinya.

Baca Juga:  Atlet Sambo Pesawaran Raih Medali Emas Porprov IX Lampung

“Pariwisata dan UMKM desa di Kabupaten Pesawaran sangat bagus, padahal potensi geografis daerah kami sangat luas. Nantinya, kita akan tingkatkan kualitas sumber daya manusianya sehingga bisa lebih kreatif, ” ucap dia.

Menanggapinya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan terima kasih atas kunjungan kepala desa dan Pemda Kabupaten Pangkalan Bun Provinsi Kalimantan Tengah di Bumi Andan Jejama.

“Sebagai Kepala Daerah, saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Artinya, Pemda Pangkalan Bun, Kalteng tersebut mempercayai bahwa Kabupaten Pesawaran dapat dijadikan reverensi dalam mengembangkan daerahnya, dan kita bisa sharing,” kata Dendi. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here