Bupati Pesawaran Dampingi Rika Tohir Tinjau UMKM Sungai Langka

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mendampingi Ketua Dewan Penasehat Yayasan Pertiwi Indonesia Rika Tohir dalam rangka menemui pelaku UMKM dan penenun Sulam Jelujur, di Desa Sungai Langka Kecamatan Gedongtataan, Rabu (11/5/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa kegiatan kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung aktifitas para pengrajin yang melestarikan warisan nenek moyang.

“Selamat datang Ibu Rika Tohir, perlu diketahui Desa Sungai Langka banyak memiliki potensi wisata diantaranya Agro Wisata tanaman Coklat dan Jeruk. Kemudian ada juga pemandian jaman Belanda dan penenun Sulam Jelujur yang masih membutuhkan pembinaan untuk dapat go internasional,” kata dia.

Dijelaskan, Desa Sungai Langka Kecamatan Gedongtataan juga didukung dengan kerukunan dan keguyuban masyarakat sehingga banyak kreatifitas yang dituangkan dan memiliki nilai luhur seni budayanya.

Baca Juga:  Wujud Kerjasama, 243 ASN Pemkab Pesawaran Ikuti Pelatihan GTA di IIB Darmajaya

“Pengrajin Sulam Jelujur beraktifitas dirumah rumah, hasilnya sebagai tambahan pendapatan ekonomi keluarga. Mudah-mudahan nanti ada arahan dan bantuan yang dapat diberikan oleh Ketua Dewan Penasehat Yayasan Pertiwi Indonesia ibu Rika Tohir,” ujar dia.

Menanggapinya, Ketua Dewan Penasehat Yayasan Pertiwi Indonesia Rika Tohir mengatakan bahwa para pengrajin Sulam Jelujur sangat beruntung memiliki Bupati dan Ketua Dekranasda yang peduli dan memperhatikannya.

“Hasil karya para pengrajin ini sangat luar biasa dan kita akan dukung hingga go internasional. Insha Allah bulan September 2022 nanti hasil kerajinannya akan dipamerkan di Galery Sarinah Jakarta yaitu pameran nasional bekerja sama dengan Bank BNI 46,” kata dia.

Dijelaskan, tampilnya Sulam Jelujur sebagai produk kerajinan Kabupaten Pesawaran yang nantinya akan dipamerkan di Galery Sarinah Jakarta merupakan kerja keras Bupati Dendi Ramadhona yang telah memaparkan karya khas daerahnya.

Baca Juga:  Jaga Kamseltibcar, Kasat Lantas Polres Pesawaran Himbau Pedagang di Bahu Jalan

“Pak Bupati Pesawaran telah berhasil memaparkan karya kreasi masyarakatnya di Jakarta, hasilnya ternyata sangat luar biasa dan kedepan kita lebih tingkatkan dengan berbagai inovasi agar lebih baik lagi,” jelas dia.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi, sejumlah Kepala OPD, Kepala Desa Sungai Langka Erwan Sukijo, Camat Gedongtataan M. Syukur dan TNI serta Polri.

Ikut dalam rombongan diantaranya adalah Dewan Penasehat Yayasan Pertiwi Indonesia Rika Tohir, Penasehat Keuangan Suci Kuswardani, Sekjend Darariza, Ketua Bidang Dana Nirmala Dewi. Lalu, Ketua Cinta Tenun Indonesia (CTI) IntanF. Fauzi, Manajer Pelatihan Koestriastuti, Marcomm Putri Purnama Dewi, Textile Designer Koesoemaningsih, Admin Program Istiqomah Pamarullah dan Iis Aisyah Maharani. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here