Mahasiswa UMITRA Bandar Lampung Laksanakan P2K3, Gelar Penyuluhan dan Pengobatan Gratis

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Sebanyak 20 mahasiswa Praktik Profesi Ners Universitas Mitra Indonesia (UMITRA) Bandar Lampung yang sedang melaksanakan Profesi Ners Stase Praktik Profesi Keperawatan Keluarga dan Komunitas (P2K3), menggelar Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan gratis, serta buka puasa bersama dengan masyarakat di Balai Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong tataan Kabupaten Pesawaran, Jumat (22/4/2022).

Ketua Pelaksana kegiatan Indra Firdaus, S.Kep, menerangkan dalam kegiatan tersebut Mahasiswa Praktik Profesi Ners UMITRA, bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Dewan Dakwah Lampung menggelar Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan gratis serta membagikan 100 paket buka puasa bersama dengan masyarakat Dusun 1 dan Dusun VII.

“Untuk Cek kesehatan gratis meliputi cek kesehatan tekanan darah, cek gula darah sewaktu dan cek asam urat, Penyuluhan kesehatan mengenai gastritis dan terapi komplementer, untuk mengatasi gastritis dengan kompres air hangat dan parutan air kunyit,” jelasnya.

“Dengan di adakan nya acara ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi antar masyarakat dan membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Desa Sungai Langka,” tambah Indra Firdaus.

Begitu juga Kaprodi Ners F. Kes UMITRA Bandar Lampung, Budi Antoro.S.Kep.Ns.M.Kep, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan buka puasa bersama dan Penyuluhan Kesehatan sekaligus pemeriksaan kesehatan gratis yang di lakukan oleh mahasiswa Profesi Ners UMITRA merupakan program untuk deteksi dini tentang penyakit yang di derita masyarakat di Desa Binaan yaitu Desa Sungai Langka.

Baca Juga:  Bayar Pajak, Samsat Desa Hanura Bantah Ada Praktik Pungli

“Mahasiswa Profesi Ners UMITRA memiliki pengalaman langsung dalam memberikan penyuluhan, kami sangat mengapresiasi karena banyak masyarakat sangat antusias hadir dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan tersebut karena tidak lepas dari peran para pembimbing klinik dan pembimbing akademik, khususnya LAZNAS Dewan Dakwah Lampung, yang telah melakukan kerjasama dalam mendukung kegiatan yang di ajukan oleh para mahasiswa, semoga derajat kesehatan masyarakat di Desa Sungai Langka akan lebih meningkat.

“Saya juga berpesan kepada mahasiswa yang hari ini telah sukses melaksanakan kegiatan, untuk terus mengembangkan ilmunya sebagai bekal kelak saat bekerja di layanan kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, Pembimbing akademik Miranti Dea Dora,S.Kep,Ns,M.Kep mengatakan bahwa mahasiswa praktik profesi ners stase komunitas keluarga, di Dusun 1 dan Dusun VII kurang lebih Lima Minggu dan sudah berjalan selama Tiga Minggu.

“Saya berharap kehadiran mahasiswa ini memberikan dampak yang baik agar derajat kesehatan di Desa Sungai Langka khususnya di Dusun 1 dan Dusun VII akan lebih baik,” terang nya kepada media Handalonline.com.

Baca Juga:  Lestarikan Kesenian, Desa Sidodadi Gelar Pentas Kuda Kepang Turonggo Bonek

“Saya juga mengucapakan terimakasih yang tak terhingga kepada LAZNAS Dewan Dakwah Lampung dan Bank CIMB kemudian Pemerintah Desa Sungai Langka atas kerjasama nya serta menyambut baik kegiatan yang di lakukan mahasiswa kami semoga bisa bermanfaat,” timpalnya.

Terpisah, Kepala Desa Sungai Langka Erwan mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa dari UMITRA Bandar Bandar Lampung di desa nya.

“Intinya saya selaku Kepala Desa sangat mendukung kegiatan anak-anak mahasiswa melakukan penyuluhan kesehatan sambil buka puasa bersama semoga dengan adanya kebersamaan antara masyarakat dengan mahasiswa ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan, terutama dimasa pandemi saat ini, sehingga masyarakat tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan prokes,” ungkapnya ketika dihubungi media ini, melalui telpon seluler.

Salah satu masyarakat Dusun 1, Suryanah (56) juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anak-anak mahasiswa yang telah melakukan penyuluhan dan memberikan pengobatan gratis serta buka puasa bersama dengan masyarakat Desa Sungai Langka.

“Semoga kedepan nya apa yang di cita-citakan oleh anak-anak mahasiswa dapat terwujud serta amanah dalam menjalankan profesi kesehatan di masyarakat nanti,” katanya.  (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here