Sabtu, April 20, 2024

PT PTPN Group, Berhasil Catat Laba sebesar Rp4,6 Triliun Tahun 2021

Lampung (HO) – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Group berhasil mencatatkan keuntungan (laba) sebesar Rp4,6 triliun di tahun 2021.

Dari jumlah laba tersebut, Rp141 miliar diantaranya merupakan keuntungan PTPN VII yang berpusat di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung.

Hal itu diungkapkan Ryanto Wisnuardhy, Direktur PTPN VII, saat menerima audiensi Pengurus PWI Provinsi Lampung, Senin (18/4/2022).

Menurut dia, pencapaian itu tidak terlepas dari semangat gotong royong dari seluruh jajaran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus di sektor perkebunan tersebut.

Tak hanya itu, kata Ryanto, di tahun 2021 pihaknya berhasil menyabet peringkat pertama penghargaan liga PTPN Award 2022 Katagori Terhemat se PTPN Holding.

“Kami dinilai berhasil menekan harga pokok produksi (HPP) pada aspek umum dan biaya administrasi dibanding semua anak perusahaan di PTPN Group,” ujar Ryanto, di kantornya.

Selain itu, PTPN VII juga meraih penghargaan Peringkat Kedua pada Katagori Tertumbuh dalam pengelolaan keuangan dari PTPN Group.

“Tadinya catatan keuangan kami minus (berhutang). Tapi Alhamdulillah, saat ini sudah mencatatkan laba,” jelasnya.

Baca Juga:  Masyarakat Segera Laporkan Dugaan Korupsi Kades Tanjung Sari  Ke Kejari Lamsel

PTPN VII dengan komoditas kelapa sawit, karet, tebu (gula putih), dan teh dinilai cukup cepat bangkit dari kondisi awal. Peningkatan profitabilitas tertinggi kinerja tahun 2021 menunjukkan grafik naik tajam dibanding tahun 2020.

Dilain sisi, Ryanto juga mengapresiasi kolaborasi yang selama ini terbangun antara pihaknya dengan para awak media, terutama yang tergabung di PWI Lampung.

Dia mengucapkan terima kasih kepada PWI Lampung yang sudah mau bersilaturahim ke PTPN VII.

“Selama ini, kami sudah didukung dengan pemberitaan yang positif. Tanpa dukungan dari rekan-rekan media, saya yakin PTPN VII tidak akan bisa menjadi seperti saat ini,” kata dia.

Ia berharap kemitraan yang sudah terjalin dengan strategis ini bisa memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Lampung.

Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah mengapresiasi PTPN VII yang selama ini sudah menjalin kerjasama dengan PWI.

Sesuai dengan tema saat pelantikan, PWI Lampung siap bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk dengan PTPN VII. “PWI siap mendukung kebijakan PTPN VII demi kemajuan Provinsi Lampung,” katanya.

Baca Juga:  Jelang Pilkada Pringsewu, Marindo Kurniawan  Ajak Jaga Netralitas

Terlebih, keberadaan PTPN VII sangat membantu perekonomian masyarakat yang ada di sekitar unit usahanya.

“Saya sendiri dulu sangat memimpikan dan bercita cita ingin bekerja di PTPN VII. Namun sayangnya saat itu IPK saya tidak memenuhi standar yang disyaratkan, akhirnya saya jadi wartawan,” canda Wira.

Ia mengatakan, audiensi ini juga dalam rangka silaturahmi PWI Provinsi Lampung dengan pihak PTPN VII dengan harapan kedepannya PWI dengan PTPN VII dapat Berkolaoborasi untuk pemberitaan demi kemajuan bersama.

“Saya ucapan terimakasih Kepada bapak direktur dan jajaran yang telah bersedia menerima kedatangan kami. Semoga jalinan kerjasama yang baik ini dapat terus terjaga baik, bila perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Diketahui, dalam kunjungan tersebut Wirahadikusumah didampingi Sekretaris PWI Andi Panjaitan, Wakil Ketua Bidang Kerjasama Segan Petrus Simanjuntak, Bendahara Ratna Minang Sari, dan Wakil Bendahara Nurjanah.

Sedangkan Ryanto Wisnuardhy didampingi Okta Kurniawan (SEVP Business Suport), Bambang Hartawan (Kabag Sekretaris Perusahaan), Iyushar Ganda Saputra (Kabag PPA) dan sejumlah staf lainnya. (Red)

Berita Populer

error: Content is protected !!