Normalisasi Embung Jamin Ketersediaan Air Bagi Warga Pekon Rejosari

 Editor: M.Ismail 

Pringsewu (HO) – Masyarakat Pekon Rejosari Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu merasa lega dengan terjaminnya ketersediaan air bersih meski dimusim kemarau, pasalnya pemerintah Pekon setempat sudah melakukan normalisasi, satu buah Embung dengan kapasitas yang lumayan besar.

Kepala Pekon Rejosari Khotmanudin yang juga Asosiasi Perangkat Desa (APDESI) Kecamatan Pringsewu menjelaskan Normalisasi Embung dengan luas yang tadinya hanya luas 1300 M2 T 1,5 M, setelah dikerjakan menjadi 1800 M, yang terletak di Pekon Rejosari Rt 05 Rw 01.

“Dikerjakan dengan sistem swadaya oleh masyarakat dengan jumlah pekerja 70 orang, lama pekerjaan selama 23 hari dimulai dari tanggal 29 Maret 2021 sampai dengan tanggal 20 april 2021 yang tadinya luas, hanya 1300 M setelah dikerjakan menjadi 1800 M, dengan anggaran Rp.118.000.000,” terangnya kepada Handalonline.com, Jumat (25/2/2022).

Baca Juga:  HUT IKWI Pesawaran Gelar Baksos dan Sosialisasi Cegah Stunting, Nanda Indira Dendi Ucapkan Apresiasi

Dikatakannya, dengan adanya Embung tersebut masyarakat sangat bersyukur, karena jika musim kemarau tiba, Embung yang ada Pekon Rejosari dapat membantu masyarakat.

“Saya berharap selaku Kapekon Rejosari, Embung tersebut dapat dirawat dan dipelihara dan kedepan Embung ini akan dijadikan tempat wisata, sehingga bisa menjadi Icon Pekon Rejosari,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam proses pekerjaan normalisasi Embung menerapkan pola Padat karya tunai, tujuannya untuk capaian yang maksimal dengan melibatkan peran warga.

“Tujuan kami terkait normalisasi Embung ini menjamin ketersediaan air bersih dengan volume air yang lebih banyak seiring semakin bertambahnya kepala keluarga dan para petani yang menggantungkan hidupnya menjadi petani di persawahan,” katanya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Pringsewu yang yang telah berkunjung dan meresmikan Embung yang ada di Pekon Rejosari.

Baca Juga:  Sambut HUT RI Ke-77, Desa Durian Benahi Lapangan Upacara

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Fauzi Wakil Bupati Pringsewu yang telah meresmikan dan beliau sangat mengapresiasi nya,” ucap Kakon.

Terpisah, Ketua TPK Saryono mengatakan, pihaknya berkomitmen dan menaruh perhatian serius pada penyediaan air bagi warga Rejosari tadi nya Rencana normalisasi ini memang program dari RKP PJ pada saat itu dan kemudian di laksanakan oleh bapak kepala pekon.

Begitu juga disampaikan Paino masyarakat Pekon Rejosari sangat mengapresiasi atas Normalisasi Embung yang di lakukan pemerintah pekon Rejosari sangat bermanfaat.

“Fungsi pembangunan Normalisasi Embung ini untuk mengairi sawah warga karena berpuluh tahun tidak diurus dan akhirnya dinormalisasi,” ucapnya. (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here