Jumat, Maret 29, 2024

Bupati Pesawaran: Cuci Tangan Bentuk Advokasi Global Selamatkan Tubuh

Pesawaran (HO) – Kegiatan Jambore Kader, Pelaksanaan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan pencanangan dapur sehat atasi stunting (Dashat) di Kampung Keluarga berkualitas Tingkat Kabupaten Pesawaran Tahun 2021 digelar di Bronjong Desa Cipadang Kecamatan Gedong Tataan, Selasa (14/12/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan Chabrasman, Camat Gedong Tataan Syukur S, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Pesawaran Maysuri, Ketua TP-PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi dan sejumlah tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Bupati Dendi Ramadhona mengatakan bahwa cuci tangan merupakan bentuk advokasi global dalam menyelamatkan tubuh dari penyakit, diantaranya seperti sakit diare dan lainnya.

“Hari cuci tangan sedunia dengan tema ‘Masa depan ada ditangan kita, mari maju bersama’ dan tema CTPS tersebut bagian kampanye untuk hidup bersih. Bisakan hidup sehat dikeluarga kita,” kata dia.

Baca Juga:  Kemensos RI Bersama Pemkab Pesawaran Salurkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga

Ia juga menuturkan bahwa cuci tangan sebelum beraktifitas maupun sesudahnya merupakan kegiatan yang telah diajarkan oleh pendahulu ketika masih berusia dini.

“Saya mengajak dan meminta semua berpartisipasi aktif mencuci tangan menggunakan sabun, meski sederhana namun sangat penting dikeseharian hidup sehat keluarga kita,” tutur dia.

Kemudian, KetuaTP PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi juga menyampaikan selain gerakan cuci tangan juga pentingnya dapur sehat guna membantu mendisiplinkan keluarga memakan makanan yang bergizi dan sehat.

“Dapur sehat merupakan pemberdayaan masyarakat dalam memperbaiki gizi dan mencegah stunting. Bagi ibu-ibu hamil dan keluarga baru hendaknya memperhatikan ini sehingga stunting dapat dicegah sejak dini,” kata dia.

Baca Juga:  Langgar Perda, Indomaret-Alfamart Dapat Peringatan Pemerintah

Dikesempatan tersebut, Nanda Indira Dendi juga memberikan sejumlah piala penghargaan dan hadiah lainnya kepada para kader yang memenangkan lomba yang digelar. Kemudian, ia juga menyempatkan meninjau vaksinasi yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran di sekitaran kegiatan yang berlangsung.

Piala dan hadiah yang dimaksud diberikan kepada Kader berprestasi penyuluhan stunting yang dimenangkan Sulistiani dari Desa Sidomulyo Kecamatan Negeri Katon (juara 1), Arifat Hani dari Gedong Tataan (juara 2) dan juara ketiga yakni Arsina dari Kecamatan Way Ratai.

Kemudian untuk Lomba Administrasi Posyandu Lansia, sebagai pemenang pertama oleh Posyandu Tali Asih Kecamatan Teluk Pandan, kedua Posyandu Kenanga Kecamatan Gedong Tataan dan Posyandu Mawar dari Kecamatan Negeri Katon. (Red)

Berita Populer

Indomaret-Alfamart Langgar Aturan, Sat-Pol PP Tutup Tempat Usaha

Pesawaran (HO) - Pasca diterbitkannya surat peringatan dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung kepada pelaku usaha...
error: Content is protected !!