Pj Pekon Tanjung Rusia Timur Diduga Mark Up Anggaran DD Hingga Ratusan Juta Rupiah

 Editor: M.Ismail 

Pringsewu (HO) – Mantan Pj Pekon Tanjung Rusia Timur Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu, Sugito yang saat ini sebagai stap umum di Kasubbag Kepegawaian kecamatan, Diduga Korupsi Dana Desa tahun anggaran 2020 hingga ratusan juta rupiah.

Salah satu tokoh masyarakat setempat menilai selama Sugito menjabat menjadi Pj di Pekon Tanjung Rusia Timur tidak transparan dan realisasi anggaran dalam pembangunan yang menggunakan Dana Dana di tahun 2020 diduga banyak terjadi penyimpangan.

“Seperti pemeliharaan prasarana balai desa balai kemasyarakatan Rp.32.338.000 dan pembangunan Rebailitasi Peningkatan pengerasan Jalan Desa Rp.336.115.100 dalam realisasi banyak terjadi penyimpangan,” ungkapnya, Sabtu (11/9/2021).

Dia melanjutkan masih di tahun 2020 pada tahal ll ada lagi peningkatan pengerasan jalan gang senilai Rp. 23.668.500 dan pembangunan Rehabilitasi pengerasan jalan desa sebesar Rp. 336.115.100, serta perpustakaan taman baca milik desa Rp.10.550.000.

Baca Juga:  Sulam Jelujur Mendunia, Sukses di Amerika Kini Tampil di Dubai

“Untuk anggaran pengerasan jalan, itu secara kasat mata saja sudah tidak sesuai dengan realisasinya, apalagi perpustakaan taman baca, itu kemana ada anggaran tapi realisasinya ngga ada,” ucapnya.

Tidak hanya itu katanya di tahap lll tahun 2020 ada juga anggaran untuk pembangunan rehabilitasi peningkatan pengerasan jalan desa dengan anggaran Rp.336.115.000 Dan kembali lagi mengangarkan untuk Rehabilitasi prasarana balai kemasyarakatan Rp.5.526.400, kemudian ada juga untuk kegiatan fasilitas Jamban umum (MCk ) dengan anggaran Rp.58.188.000.

“Semua yang dianggarkan melalui dana desa dalam realisasinya kami pertanyakan, karena diduga sarat dengan penyimpangan, untuk kegiatan MCK aja itu sudah pasti bermasalah, kemudian dana pemeliharaan gapura batas desa, belum lagi dalam pembagian BLT-DD,” sebutnya.

Baca Juga:  WHO Laksanakan Field Work cPIE Ke Puskesmas Rawat Inap Simpur

“Jadi kami berharap aparat penegak hukum mengusut sampai tuntas permasalahan dugaan penyimpangan Dana Desa di Pekon Tanjung Rusia Timur, dan mantan PJ nya harus bertanggung jawab atas perbuatannya, supaya tidak terulang kembali,” pungkasnya.

Sementara itu mantan Pj, Sugito yang saat ini sebagai stap umum di Kasubbag Kepegawaian Kecamatan Pardasuka saat dikonfirmasi terkait adanya penyimpangan Dana Desa tahun 2020, terkesan buang badan.

“Saya lupa, ini siapa, nanti ya saya lagi ada urusan,” jawabnya singkat. (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here