Sinergitas, PWI Pesawaran Jalin Koordinasi Dengan BNPP Provinsi Lampung

 Editor: M.Ismail 

Lampung (HO) – Upaya penanganan bencana membutuhkan sinergitas berbagai pihak, salah satunya wartawan dalam menyajikan informasi kebencanaan kepada masyarakat.

Demikian disampaikan kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Provinsi Lampung, Jumaril, dalam menyambut kedatangan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran di Kantor BNPP, Jalan Lintas Timur, Lampung Selatan, Kamis (9/9/2021).

“Kami sangat membutuhkan peran media massa dalam pemberitaan terkait kebencanaan di provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Pesawaran, untuk menyampaikan informasi obyektif kepada masyarakat,” sebut Jumaril.

Karena itu, pihaknya siap memberikan pelatihan dasar pertolongan pertama bagi korban bencana serta pedoman keselamatan bagi wartawan yang bertugas di area terjadinya bencana.

Baca Juga:  Saburai Support Group Gelar Training Capacity Building KDS Provinsi Lampung

“Biasanya memang kami melatih sejumlah komunitas yang berpotensi menjadi sumber daya dalam melakukan pencarian dan pertolongan korban bencana,” ungkapnya.

Jumaril juga mengungkap untuk melakukan operasi kebencanaan di Lampung pihaknya telah mendirikan tiga pos pencarian dan pertolongan atau Search and Rescue di Kabuten Tanggamus, Lampung Selatan serta Tulang Bawang.

Ketua PWI Pesawaran, M Ismail mengatakan kunjungan itu dalam rangka membangun sinergi dalam mengawal informasi kebencanaan serta pengetahuan dasar bagi wartawan yang meliput bencana alam di Pesawaran.

Baca Juga:  Bupati Lampung Tengah, Bersama Ribuan Masyarakat Kali Rejo Gelar Jalan Sehat Bersama

“Sebab kita tahu bahwa Kabupaten Pesawaran juga menjadi salah satu daerah dengan potensi bencana yang cukup tinggi, sehingga kita sebagai wartawan juga dituntut untuk memahami dasar-dasar kebencanaan,” kata Ismail.

Diketahui, kunjungan pengurus PWI Pesawaran disambut oleh Kepala BNPP Jumaril, didampingi sejumlah pejabat. Sementara pengurus PWI Pesawaran: Ketua M Ismail, Sekretaris Sapto Firmansis, Bendahara Reza Utama, Organisasi Rama Diansyah serta anggota bidang pendidikan Rifat Arif. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here