Minggu, April 14, 2024

Bulan Puasa, Disdukcapil Pesawaran Tetap Berikan Pelayanan Publik Maksimal

Pesawaran (HO) – Bulan Ramadhan sejatinya merupakan bulan penuh berkah karenanya selama bulan puasa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran tetap bertekad memberikan pelayanan publik secara maksimal.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Disdukcapil Kabupaten Pesawaran, Ketut Partayasa melalui sambungan suara, Kamis (15/4/2021).

“Justru dengan adanya bulan Ramadan pelayanan publik harus lebih optimal lagi. Jika sebelumnya prosesnya 15 sampai 30 menit, bulan Ramadan harus lebih cepat lagi,” Ungkapnya.

Baca Juga:  Buang Sampah Sembarangan, Kembali Kades Kurungan Nyawa Tangkap Basah Warga Balam

Ditambahkan, pelayanan pembuatan dokumen kependudukan saat ini telah terdigitalisasi dengan baik. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi pelayanan tatap muka dan memangkas waktu dapat lebih efisien.

“Sejauh ini per hari kita melayani hingga 25 orang yang mengurus pengajuan dokumen Administrasi. Karena kan pelayanan publik kita maksimalkan melalui pemerintah desa, sehingga antrean di kantor pelayanan dapat diminimalisir,” tambahnya.

Diketahui sebelumnya, perekaman KTP Elektrik di wilayah setempat mendapat predikat terbaik tingkat Provinsi Lampung dan tingkat empat nasional dari 514 kabupaten/kota se Indonesia.

Baca Juga:  Bantu Ekonomi, Jelang Lebaran PWI Pesawaran Sembelih Satu Ekor Sapi

“Perekaman KTP Elektrik dapat berjalan dengan baik karena fungsi pelayanan di Kecamatan dan Pemerintah Desa dijalankan dengan baik, sehingga kita lebih mudah melakukan sosialisasi terkait pelayanan kependudukan,” katanya.

Ketut juga mengimbau, sesuai Permendagri Nomor 109 Tahun 2019, terhitung sejak 1 Juli 2020 semua dokumen kependudukan dapat dicetak di rumah sendiri kecuali KTP-el dan Kartu Identitas Anak. (Red)

Berita Populer

Isu Minta THR, Tomas: Buktikan…!!!, Segera Buat Laporan Ke APH

Pesawaran (HO) - Tokoh Masyarakat (Tomas) dan juga tokoh adat Kabupaten Pesawaran Lampung, Erland Syoffandy gelar Suntan Penatih meminta semua pihak yang menggelontorkan isu...
error: Content is protected !!