PT MPM Berdayakan Petani Pesawaran Sukseskan Program BPNT

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang digelontorkan Pemerintah Pusat melalui kementerian Sosial RI bukan hanya bertujuan membantu warga masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Namun juga sebagai salah satu cara memberdayakan hasil kerja petani berupa hasil panennya.

Di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, salah satu distributor BPNT, PT Mapan Perkasa Mandiri (MPM) contohnya, untuk mencukupi stok pangan bagi KPM, suplayer ini membeli beras dari petani yang ada di Kabupaten Pesawaran untuk selanjutnya disalurkan kepada E-Warong yang ada.

Baca Juga:  Ketua Bawaslu: Proses Demokrasi Butuh Media Massa, Pemilu 2024 Ajukan Rp20 M

“Alhamdulillah untuk mencukupi kebutuhan KPM di Pesawaran kami membeli hasil bumi berupa beras dari Pesawaran juga, sementara ini kami beli dari petani-petani yang ada di Kecamatan Kedondong, Way Lima dan Way Khilau,” ungkap Direktur PT MPM, Noviansyah, Minggu (21/3/2021) melalui sambungan telepon.

Hal tersebut adalah untuk memaksimalkan manfaat dari program pemerintah dalam pemberian bantuan BPNT.

“Artinya selain membantu KPM dalam mendapatkan bahan pangan dengan kualitas yang baik, juga sekaligus membantu petani mendapatkan pasar yang baik dalam menjual hasil panen, jadi KPM dengan petani sama-sama diuntungkan oleh program ini,” ujarnya.

Baca Juga:  HUT IKWI Pesawaran Gelar Baksos dan Sosialisasi Cegah Stunting, Nanda Indira Dendi Ucapkan Apresiasi

Diterangkan Noviansyah, untuk sementara pihaknya baru mendapatkan 1 komponen yang dibeli dari petani Kabupaten Pesawaran.

“Sementara baru beras, untuk komponen lain llseperti telur dan sayur-sayuran kami juga maunya beli dari Pesawaran, namun sekarang masih belum mencukupi, jadi kami masih beli dari wilayah lain,” terang dia.

“Saya berharap di Pesawaran juga ada peternakan yang mampu memproduksi telur dengan jumlah memadai agar semua komponen kita beli produk dari Pesawaran,” pungkasnya. (Randy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here