Dinas Ketahanan Pangan Pastikan Jelang Ramadhan Stok Pangan Cukup

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Menjelang bulan ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran memastikan ketersediaan stok komoditas pangan di wilayah Kabupaten Pesawaran cukup untuk beberapa bulan kedepan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Awaludin mengatakan, saat ini pemerintah maupun masyarakat memiliki stok pangan yang cukup.

“Kalau stok pangan dari Pemerintah disimpan di Badan Urusan Logistik (Bulog) kalau di masyarakat, stop pangan disimpan di lumbung-lumbung yang ada di masyarakat,” ujarnya, Kamis (4/3/2021).

“Saat ini terdapat 32 ton stok pangan yang disimpan di bulog, stok ini diperuntukkan untuk bencana alam atau keadaan darurat yang terjadi di Kabupaten Pesawaran,” tambahnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Produksi, PTPN VII Unit Pagar Alam Terus Berinovasi

Menurutnya, untuk sisi harga kebutuhan pokok di pasaran stabil karena pihaknya selau melakukan pemantauan harga bahan pokok yang ada di pasaran.

“Setiap hari kita pantau jadi kita tau setiap perubahan harga yang ada di pasaran,” ujarnya.

“Dan untuk pendistribusian stok pangan menjelang ramadhan ini terbilang normal karena tidak terjadi penumpukan bahan pangan dan pihak kami masih terus memantau,”tambahnya.

Saat ini Dinas Ketahanan Pangan fokus untuk memantau ketersediaan pangan, keterjangkaun pangan serta stabilitas harga yang beredar di pasaran.

Dinas Ketahanan Pangan sendiri mendukung misi kelima dalam panca cita Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran dengan membentuk Kelompok Tangguh Mandiri yang berbasis Kemasyarakat, Gotong Royong, dan Bhineka Tunggal Ika.

Baca Juga:  HUT IKWI Pesawaran Banjir Order, Jadi Berkah Pengrajin Karangan Bunga

“Untuk mendukung itu dan untuk mencukupi stok pangan di masyarakat, kami mengedukasi kelompok wanita tani yang ada di desa-desa untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan pekarangan yang ada,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk membantu kelompok wanita tani (KWT) yang ada di desa-desa, Dinas Ketahanan Pangan memberikan bibit, tanaman hidroponik serta rumah bibit.

“Tujuan diadakannya kelompok wanita tani (KWT) ini agar bisa memenuhi kebutuhan pribadi, kebutuhan kelompok, bahkan kecamatan dan bisa untuk memenuhi kebutuhan pangan Pesawaran,” tutupnya. (Randy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here