Panglima TNI : Rapim TNI-Polri, Perkuat Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional

 Editor: M.Ismail 

Jakarta (HO) – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa agenda Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri 2021 bertujuan untuk memperkuat jajaran TNI-Polri untuk mengawal kebijakan pemerintah mulai dari mengawal program vaksinasi hingga membantu pemulihan ekonomi nasional.

Marsekal Hadi Tjahjanto, usai Rapim TNI-Polri di Mabes Polri, menekankan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), TNI-Polri diminta untuk memberikan dukungan dalam penegakan disiplin protokol kesehatan termasuk juga mendukung strategi 3T (Testing, Tracing, Treatment), pelaksanaan PPKM skala mikro hingga membantu pelaksanaan vaksinasi.

“Rapim TNI-Polri adalah wadah untuk menyatukan pola sikap dan pola tindak, termasuk strategi dalam mendukung kebijakan pemerintah sesuai dengan perintah Bapak Presiden,” kata Panglima TNI, di Jakarta, Senin (16/2/2021).

Baca Juga:  Puncak HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Pesawaran Gelar Syukuran, Potong Tumpeng

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menambahkan dalam Rapim TNI-Polri 2021 juga membahas peran TNI-Polri dapat membantu pemulihan ekonomi nasional, misalnya dengan melakukan pengawalan terhadap pengembangan UMKM dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pengawalan terhadap program-program nasional yang bersifat padat karya, baik itu infrastruktur ataupun program-program lain yang perlu kami kawal,” ujar Sigit.

Kapolri menambahkan bahwa dalam mengawal program PPKM Mikro, TNI-Polri telah menyebar babinsa dan babinkamtibmas sebagai ujung tombak pencegahan penularan COVID-19 sampai ke tingkat RT/RW.

“Diharapkan betul-betul bisa jadi pelopor, bekerja sama dengan linmas, kemudian ketua RT, ketua RW atau lurah untuk betul-betul bisa melakukan penegakan aturan terkait dengan 3T dengan tidak melupakan program 3M,” kata Listyo Sigit.

Baca Juga:  Majukan UMKM, HUT IKWI Nanda Indira Dendi Terima Award Perempuan Inspiratif

Berbeda dengan penyelenggaraan rapim di tahun-tahun sebelumnya, Rapim TNI-Polri pada tahun ini digelar dengan mematuhi standar protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Para pejabat TNI-Polri yang hadir secara fisik dalam rapim dibatasi jumlahnya. Sementara sebagian besar pejabat TNI, Polri dan lembaga negara lainnya yang mengikuti acara, hadir melalui konferensi video.

Rapim TNI-Polri Tahun 2021 yang bertema “Dilandasi Profesionalisme, Soliditas, dan Sinergitas TNI Polri Siap Mendukung Penanggulangan Paripurna COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menuju Indonesia Maju” akan dilaksanakan selama tiga hari, sejak Senin (15/2) hingga Rabu (17/2). (Ant/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here