Simpulkan Jaringan Informasi, Pemkot Palembang Raih Penghargaan Bhumandala

 Editor: M.Ismail 

Sumsel (HO) – Badan Informasi Geospasial (BIG) memberikan penghargaan Bhumandala kepada Pemerintah Kota Palembang atas pencapaian dalam mengembangkan simpul jaringan kota yang memanfaatkan informasi geospasial.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang mengatakan Kota Palembang terpilih karena telah mendukung pelaksanaan kebijakan satu peta untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi pemerintah daerah yang telah berupaya membangun simpul jaringan informasi geospasial bersinergi dengan kementerian, lembaga dan pemerintah provinsi,” ungkapnya Sabtu (28/11/2020).

Baca Juga:  HUT IKWI Pesawaran Banjir Order, Jadi Berkah Pengrajin Karangan Bunga

Data geospasial katanya, selain digunakan dalam penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah, digunakan untuk analisis alih fungsi penggunaan lahan, juga memetakan kawasan wisata, kawasan pusat pertumbuhan, kawasan metropolitan dan kawasan rawan bencana.

“Pastinya apa yang telah diraih ini tidak luput dari kerja sama semua pihak serta dukungan dari masyarakat Kota Palembang,” ujarnya.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Fitrianti dari Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Hasanuddin Zainal Abidin pada acara seremonial di Jakarta, Jumat (27/11).

Baca Juga:  Puncak HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Pesawaran Gelar Syukuran, Potong Tumpeng

Bhumandala Ariti merupakan penghargaan yang menguji lima pilar Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN), yakni kebijakan, kelembagaan, sumberdaya manusia, standar dan teknologi.

Penghargaan ini dinilai berdasarkan metode monitoring dan evaluasi sesuai amanat Perpres Nomor 9 tahun 2016 tentang Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP) serta komitmen penyelenggaraan Informasi Geospasial yang mengacu pada satu standar, satu referensi, satu database spasial dan satu geoportal. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here